21.11.22

"DALIL KEHARUSAN BERTHORIQOH"

(فَصْلٌ)
وَسُلُوْكُ طَرِيْقِ التَّصَوُّفِ وَاجِبٌ مُحْتَمٌّ لَايَكْمَلُ دِيْنُ الْمُرْءِ إِلَّا بِهِ، وَبَيَانُ ذلِكَ مِنْ وُجُوْهٍ

(Pasal)

Hukum menempuh laku tashawwuf adalah wajib. Sebab tidaklah sempurna keberagamaan seseorang kecuali dengan bertashawwuf. Adapun penjelasan argumentasinya sebagai berikut:

الْوَجْهُ الْأَوَّلُ: أَنَّهُ مَقَامُ الْإِحْسَانِ الَّذِيْ هُوَ أَحَدُ أَرْكَانِ الدِّيْنِ الثَّلَاثَةِ الْمُبَيِّنَةِ فِيْ حَدِيْثِ جِبْرِيْلِ الطَّوِيْلِ، وَلَاشَكَّ أَنَّ الدِّيْنَ يَجِبُ اتِّبَاعُهُ بِجَمِيْعِ أَرْكَانِهِ الْإِيْمَانِ وَ الْإِسْلَامِ وَالْإِحْسَانِ

Pertama: Laku tashawwuf masuk dalam tingkatan Iḥsān, yang mana merupakan salah satu dari tiga asas dasar agama Islam sebagaimana ḥadīts Jibrīl a.s. dalam redaksi yang cukup panjang. Dan bukan suatu keraguan ketika agama menuntut kepada para penganutnya untuk berpegang teguh pada setiap rukunnya, mulai dari Īmān, Islām dan Iḥsān.

وَجَاءَ فِيْ إِحْدَى فَتَاوَى وَالِدِيْ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِيْ هذَا الْمَوْضُوْعِ مَا نَصَّهُ: وَأَمَّا أَوَّلُ مَنْ أَسَّسَ الطَّرِيْقَةِ، وَهَلْ تَأْسِيْسُهَا بِوَحْيٍ؟ فَلْتَعْلَمْ أَنَّ الطَّرِيْقَةَ أَسَّسَهَا الْوَحْيُ السَّمَاوِيُّ فِيْ جُمْلَةِ مَا أُسِّسَ مِنَ الدِّيْنِ الْمُحَمَّدِيِّ، إِذْ هِيَ بِلَاشَكٍّ مَقَامُ الْإِحْسَانِ الَّذِيْ هُوَ أَحَدُ أَرْكَانِ الدِّيْنِ الثَّلَاثَةِ الَّتِيْ جَعَلَهَا النِّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – بَعْدَ مَا بَيَّنَهَا وَاحِدًا وَاحِدًا – دِيْنًا، فَقَالَ: هذَا جِبْرِيْلُ جَاءَ يُعَلِّمُكُمْ دِيْنَكُمْ

Dalam salah satu fatwa ayahandaku [¹] (penulis) perihal tema ini dikatakan: “Adapun pelopor pertama kali sebuah tharīqah, apakah dalam proses lahirnya tharīqah bermuara pada wahyu ilahi? Maka ketahuilah bahwa asas tharīqah bersumber dari wahyu langit dan dalam koridor ajaran agama yang dibawa oleh Nabi Muḥammad s.a.w. Dan tanpa sedikitpun keraguan, tingkatan ihsan ini merupakan salah satu dari tiga rukun agama. Selaras dengan apa yang telah disampaikan oleh Nabi s.a.w. satu persatu dalam satu kesatuan agama. Beliau bersabda: “Inilah Jibrīl yang datang untuk mengajarkan agamamu.”

فَغَايَةُ مَا تَدْعُوْ إِلَيْهِ الطَّرِيْقَةُ وَتُشِيْرُ إِلَيْهِ هُوَ مَقَامُ الْإِحْسَانِ، بَعْدَ تَصْحِيْحِ الْإِسْلَامِ وَالْإِيْمَانِ، لِيُحْرِزَ الدَّاخِلُ فِيْهَا وَالْمَدْعُوْ إِلَيْهَا مَقَامَاتِ الدِّيْنِ الثَّلَاثَةِ الضَّامِنَةُ لِمُجْرِزِهَا وَالْقَائِمِ بِهَا السَّعَادَةَ الْأَبَدِيَّةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، وَالضَّامِنَةُ أَيضًا لِمُحْرِزِهَا كَمَالَ الدِّيْنِ، فَإِنَّهُ – كَمَا فِي الْحَدِيْثِ – عِبَارَةٌ عَنِ الْأَرْكَانِ الثَّلَاثَةِ، فَمَنْ أَخَلَّ بِمَقَامِ الْإِحْسَانِ الَّذِيْ هُوَ الطَّرِيْقَةُ فَدِيْنُهُ نَاقِصٌ بِلَاشَكٍّ، لِتَرْكِهِ رُكْنًا مِنْ أَرْكَانِهِ

Tujuan utama yang ingin dituju oleh sebuah tharīqah adalah tingkatan Iḥsān. Setelah membenarkan Islām dan Īmān, yang mengantarkan setiap manusia pada kebahagiaan yang abadi. Serta untuk menjaga kesempurnaan agamanya, karena dalam sebuah keterangan, barang siapa yang lepas darinya tingkatan Iḥsān ini, maka dirasa keberagamaannya kurang. Sebab gugurnya satu rukun dari tiga rukun agama di atas.”

وَلِهذَا نَصَّ الْمُحَقِّقُوْنَ عَلَى وُجُوْبِ الدُّخُوْلِ فِي الطَّرِيْقَةِ وَسُلُوْكِ طَرِيْقِ التَّصَوُّفِ وُجُوْبًا عَيْنِيًّا، وَاسْتَدَلُّوْا عَلَى الْوُجُوْبِ بمَا هُوَ ظَاهِرٌ عَقْلًا وَنَقْلًا، وَلَسْنَا الْآنَ بِصَدَدِ بَيَانِ ذلِكَ

Oleh karena itu, para (‘ulamā’) ahli taḥqīq (ahli hakikat) memfatwakan bahwa wajib hukumnya masuk ke dalam tharīqah. Menempuh jalan tashawwuf pun hukumnya fardhu ‘ain. Fatwa perihal kewajiban ber-tharīqah ini berlandaskan dari dalil naqli (al-Qur’ān dan Ḥadīts) dan akal. Dan bukan pada tempatnya untuk kami bahas secara panjang lebar.

وَقَدْ بَيَّنَ الْقُرْآنُ الْعَظِيْمُ مِنْ أَحْوَالِ التَّصَوُّفِ وَالطَّرِيْقَةِ مَا فِيْهِ الْكِفَايَةُ فَتَكَلَّمَ عَلَى الْمُرَاقَبَةِ وَالْمُحَاسَبَةِ وَالتَّوْبَةِ وَالْإِنَابَةِ وَالذِّكْرِ وَالْفِكْرِ وَالْمَحَبَّةِ وَالتَّوَكَّلِ وَالرِّضَا وَالتَّسْلِيْمِ وَالزُّهْدِ وَالصَّبْرِ وَالْإِيْثَارِ وَالصِّدْقِ وَالْمُجَاهَدَةِ وَمُخَالَفَةِ الْهَوَى وَالنَّفْسِ

Al-Qur’ān sendiri telah menjelaskan perihal laku tashawwuf dan ber-tharīqah secara proporsional. Al-Qur’ān bicara tentang murāqabah (pengawasan Allah), muḥāsabah (introspeksi diri), taubat dan kembali (kepada Allah), dzikir, pikir, cinta kasih, tawakkal, ridha (kerelaan), berserah-diri, zuhud, sabar, berbuat kebaikan, jujur, bersungguh-sungguh, melawan hawa nafsu.

وَتَكَلَّمَ عَنِ النَّفْسِ اللَّوَّامَةِ وَالْأَمَّارَةِ وَالْمُطْمَئِنَّةِ وَعَلَى الْأَوْلِيَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالْمُؤَيِّدِيْنَ، وَغَيْرِ هذَا مِمَّا يَتَكَلَّمُ فِيْهِ أَهْلُ التَّصَوُّفِ وَالطَّرِيْقَةِ فَاعْرِفْ ذلِكَ وَتَأَمَّلْ، وَهُوَ نَفِيْسٌ جِدًّا. اه‍

Al-Qur’ān juga membahas nafsu; mulai dari lawwāmah [²], ammārah [³] dan muthma’innah [⁴]. Juga perihal auliyā’ (para kekasih Allah), orang-orang shāliḥ, shiddīqīn (orang yang benar dan jujur) dan mereka yang berpegang teguh pada ajaran tashawwuf ini. Selain itu, banyak pembahasan lain yang sering dibicarakan kaum shūfī selain pembahasan di atas. Ketahuilah dan renungkanlah, inilah nasihat yang amat berharga.

الْوَجْهُ الثَّانِيْ: أَنَّ التَّصَوُّفَ هُوَ الْعِلْمُ الَّذِيْ تَكَفَّلَ بِالْبَحْثِ عَنْ عِلَلِ النُّفُوْسِ وَأَدَوَائِهَا وَبَيَانِ عِلَاجِهَا وَدَوَائِهَا لِتَصِلَ إِلَى مَرْتَبَةِ الْكَمَالِ وَالْفَلَاحِ وَتَدْخُلُ فِيْ ضِمْنَ قَوْلِهِ تَعَالَى: قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا، الشمس: ٩

Kedua, Tashawwuf adalah ilmu yang berfungsi untuk mencari penyakit hati dan kotorannya, dan menjelaskan cara menyembuhkan dan obat-obatnya. Tentunya untuk mencapai tingkatan kesempurnaan dan kebahagiaan, serta termasuk dalam golongan yang disebut dalam al-Qur’ān: “Sungguh beruntung orang yang menyucikan jiwanya.” (QS. asy-Syams: 9).

وَلَاشَكَّ أَنَّ عِلَاجَ النَّفْس مِنْ أَمْرَاضِهَا وَ أَدْرَانِهَا أَمْرٌ يُوْجِبُهُ الشَّرْعُ الْقَوِيْمُ وَيَسْتَحْسِنُهُ الْعَقْلُ السَّلِيْمُ، وَلَوْلَا ذلِكَ لَمَّا كَانَ هَنَاكَ فَرْقٌ بَيْنَ الْإِنْسَانِ وَالْحَيْوَانِ

Dan tidak ada keraguan bahwa menyucikan hati dari penyakit dan kotorannya adalah hal yang wajib dalam syariat Islam yang lurus dan dapat diterima oleh akal sehat. Jika tidak begitu, tidak ada lagi sekat yang membedakan antara manusia dan hewan.

وَالْوَجْهُ الثَّالِثِ: أَنَّ التَّصَوُّفَ عُنِيَ بِتَهْذِيْبِ الْأَخْلَاقِ وَتَزْكِيَتِهَا، وَمُخَالَفَةِ هَوَى النَّفْسِ وَالْأَخْذِ بِعَزَائِمِ الْأُمُوْرِ، وَالْاِرْتِفَاعِ بِالنَّفْسِ عَنْ حَضِيْضِ الشَّهَوَاتِ إِلَى حَيْثُ تَتَمَتَّعُ بِمَا تُوْرِثُهُ الطَّاعَةُ مِنْ لَذَّةٍ رُوْحِيَّةٍ تَصْغُرُ بِجَانِبِهَا كُلُّ لَذَّةٍ مَهْمَا عَظُمَ قَدْرُهَا

Ketiga, Tashawwuf di-identik-kan dengan keindahan akhlak dan perbaikan moral. Melawan hawa nafsu dengan memilah perkara yang baik dan menanggalkan nafsu dari rendahnya syahwat yang dapat melalaikan. Serta menggantinya dengan perkara yang dapat mewariskan ketaatan pada Allah, dalam artian ni‘mat rūḥaniyyah (kejiwaan) yang dapat mengkerdilkan ni‘mat-ni‘mat lain sekalipun memiliki kadar keni‘matan yang tinggi.

الْوَجْهُ الرَّابِعُ: أَنَّ التَّصَوُّفَ هُوَ خُلُقُ الصَحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَالسَّلَفِ الصَّالِحِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِالْاِقْتِدَاءِ بِهِمْ وَالْاِهْتِدَاءِ بِهَدْيِهِمْ، وَقَدْ بَيَّنَ ذلِكَ وَالِدِيْ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِيْ فَتَوَاهُ الَّتِيْ نَقَلْنَا مِنْهَا آنِفًا

Keempat, Tashawwuf merupakan perwujudan dari akhlak para sahabat, tābi‘īn, dan ‘ulamā’ salaf yang shāliḥ. Di mana kita diperintah untuk senantiasa mengikuti tindak lampah (kelakuan tindak – b.Jawa/Sunda) mereka, dan mengambil kebaikan lewat hidayah yang telah yang diberikan kepada mereka. Sebagaimana telah dijelaskan dalam fatwa ayahanda kami (penulis) sebelumnya.

فَقَالَ عَقِبَ كَلَامِهِ السَّابِقِ مَا نَصَّهُ: وَأَمَّا قَوْلُكَ هَلْ لِمَا أُسِّسَتِ الطَّرِيْقَةُ….. إِلخ

Dalam fatwa tersebut beliau juga menjelaskan: “Adapun pertanyaan kenapa lahir sebuah tharīqah …. dst.?

فَجَوَابُهُ يُعْلَمُ مِمَّا قَبْلَهُ فَإِنَّهَا إِذَا كَانَتْ مِنَ الدِّيْنِ بَلْ وَهِيَ أَشْرَفُ أَرْكَانِهِ وَكَانَتْ بِوَحْيٍ كَمَا قُلْنَاهُ، وَكَانَ الصَّحَابَةُ بِالْحَالَةِ الَّتِيْ بَلَغْنَا عَنْهُمْ تَوَاتُرًا مِنَ الْمُسَارَعَةِ إِلَى امْتِثَالِ أَمْرِ اللهِ كَانُوْا بِالضَّرُوْرَةِ أَوَّلَ دَاخِلٍ فِيْهَا وَحَامِلٍ بِمُقْتَضَاهَا وَذَائِقٍ لِأَسْرَارِهَا وَثَمَرَاتِهَا

Maka jawabannya seperti telah diketahui bahwa tashawwuf merupakan salah satu dari rukun agama. Rukun yang paling agung dan utama karena dibangun dengan pondasi wahyu Allah s.w.t., sebagaimana telah kami jelaskan sebelumnya. Adapun akhlak para sahabat, yang sampai kepada kita turun-temurun, bagaimana mereka berlomba-lomba untuk melaksanakan perintah Allah s.w.t., merekalah yang pertama masuk tharīqah, mengamalkannya dalam keseharian, dan merasakan keni‘matan ibadah serta rahasia di baliknya.

وَلِهذَا كَانُوْا عَلَى غَايَةِ مَا يَكُوْنُ مِنَ الزُّهْدِ فِي الدُّنْيَا وَالْمُجَاهَدَةِ لِأَنْفُسِهِمْ وَمَحَبَّةِ اللهِ وَرَسُوْلِهِ وَالدَّارِ الْآخِرَة وَالصَّبْرِ وَالْإِيْثَارِ وَالرِّضَا وَالتّسْلِيْمِ وَ غَيْر ذلِكَ مِنَ الْأَخْلَاقِ الَّتِيْ يُحِبُّهَا اللهُ وَرَسُوْلُهُ وَتُوَصِّلُ إِلَى قُرْبِهِمَا وَهِيَ الْمُعَبَّرُ عَنْهَا بِالتَّصَوُّفِ وَالطَّرِيْقَةِ

Oleh karena itu, mereka berada pada puncak zuhud terhadap gemilau dunia, bersikap keras pada diri dan nafsunya, mencintai Allah dan Rasūl-Nya, serta sabar, beramal baik, ridha, penyerahan total pada Allah, dan berbagai akhlak dan etika yang disukai oleh Allah s.w.t. dan Rasūlullāh, Muḥammad s.a.w. Hingga dapat mendekatkan kita kepada keduanya, inilah inti dari ajaran tashawwuf dan tharīqah.

وَكَمَا كَانُوْا رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ عَلَى هذِهِ الْحَالَةِ الشَّرِيْفَةِ، كَانَ أَتْبَاعُهُمْ أَيْضًا عَلَيْهَا وَإِنْ كَانُوْا دُوْنَهُمْ فِيْهَا، وَكَذلِكَ كَانَ أَتْبَاعُ الْأَتْبَاعَ وَ هَلُمَّ جَرًّا إِلَى أَنْ ظَهَرَتِ الْبِدَعُ وَتَأَخَّرَتِ الْأَعْمَالُ وَتَنَافَسَ النَّاسُ فِي الدُّنْيَا وَحَيَتِ النُّفُوْسُ بَعْدَ مَوْتِهَا؛ فَتَأَخَّرَتْ بِذلِكَ أَنْوَارُ الْقُلُوْبِ وَقَعَ مَا وَقَعَ فِي الدِّيْنِ وَكَادَتِ الْحَقَائِقُ تَنْقَلِبُ

Selama para sahabat masih dalam koridor kemuliaan akhlak yang dijelaskan di atas. Maka seluruh pengikut dan generasi setelahnya yang menjadikan akhlak para sahabat sebagai jalan hidup, mereka termasuk pengikut para sahabat. Begitu pun berlaku sebaliknya. Hingga sampai pada masa tatkala bermunculan bid‘ah dalam agama, orang-orang mulai berebut dunia, hawa nafsu pun bangkit setelah kematiannya, maka lenyap sudah cahaya yang sempat menerangi hati para sālik (penempuh jalan spiritual). Terjadilah apa yang terjadi, hingga hakekat kebenaran ajaran agama mulai terbolak-balik.

وَكَانَ ابْتِدَاءُ ذلِكَ فِيْ أَوَاخِرِ الْمِائَةِ الْأُوْلَى مِنَ الْهِجْرَةِ، وَلَمْ يَزَلْ ذلِكَ يَزِيْدُ سَنَةً بَعْدِ سَنَةٍ إِلَى أَنْ وَصَلَ ذلِكَ إِلَى حَالَةٍ تَخَوَّفَ مِنْهَا السَّلَفُ الصَّالِحُ عَلَى الدِّيْنِ، فَانْتَبَدَ عِنْدَ ذلِكَ الْعُلَمَاءُ لِحِفْظِ هذَا الدِّيْنِ الشَّرِيْفِ، فَقَامَتْ طَائِفَةٌ مِنْهُمْ بِحِفْظِ مَقَامِ الْإِسْلَامِ وَضَبْطِ فُرُوْعِهِ وَقَوَاعِدِهِ

Peristiwa ini dimulai sekitar akhir abad pertama setelah hijrah kenabian. Tahun demi tahun terus berlangsung, membuat risau hati para ‘ulamā’. Mereka berinisiatif untuk menjaga agama Islam yang mulia dari fitnah yang bertebaran. Sebagian golongan ‘ulamā’ mulai berupaya menjaga Islām (Syarī‘at) dengan menetapkan perkara yang bersifat furū‘ (cabang), dan membuat kaidah-kaidahnya.

وَقَامَتْ أُخْرَى بِحِفْظِ مَقَامِ الْإِيْمَانِ وَضَبْطِ أُصُوْلِهِ وَقَوَاعِدِهِ عَلَى مَا كَانَ عِنْدَ سَلَفِهِمُ الصَّالِحِ، وَقَامَتْ أُخْرَى بِحِفْظِ مَقَامِ الْإِحْسَانِ وَأَعْمَالِهِ وَأَحْوَالِهِ. فَكَانَ مِنَ الطَّائِفَةِ الْأُوْلَى الْأَئِمَّةِ الْأَرْبَعَةِ وَأَتْبَاعِهِمْ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ، وَكَانَ مِنَ الطَّائِفَةِ الثَّانِيَةِ الْأَشْعَرِيِّ وَأَشْيَاخِهِ وَأَصْحَابِهِ، وَكَانَ مِنَ الثَّالِثَةِ الْجُنَيْدِ وَأَشْيَاخِهِ وَأَصْحَابِهِ

Dalam tingkatan Īmān (Ushūl-ud-Dīn), para ‘ulamā’ juga menentukan hal yang sama. Begitu juga golongan ‘ulamā’ lain berupaya menjaga tingkatan Iḥsān dengan merumuskannya dalam tataran praktis perilaku bertashawwuf. Dari kelompok pertama, muncul nama-nama agung seperti Imām empat madzhab (Imām Abū Ḥanīfah, Mālik, Syāfi‘ī, Aḥmad bin Ḥanbal) dan para pengikutnya. Dari kelompok kedua muncul Imām Abul-Ḥasan al-Asy‘arī dan para pengikutnya. Kelompok ketiga ada Imām Junaid al-Baghdādī beserta para guru dan pengikutnya.

فَعَلَى هذَا لَيْسَ الْجُنَيْدُ هُوَ الْمُؤَسِّسُ لِلطَّرِيْقَةِ لَمَّا ذَكَرْنَاهُ مِنْ أَنَّهَا بِوَحْيٍ إِلهِيٍّ؛ وَ إِنَّمَا نُسِبَتْ إِلَيْهِ لِتَصَدِّيْهِ لِحِفْظِ قَوَاعِدِهَا وَأُصُوْلِهَا وَدَعَائِهِ لِلْعَمَلِ بِذلِكَ عِنْدَمَا ظَهَرَ التَّأَخُّرُ عَنْهَا؛ وَلِهذَا السَّبَبِ نَفْسِهِ نُسِبَتِ الْعَقَائِدُ لِلْأَشْعَرِيِّ وَالْفِقْهُ لِلْأَئِمَّةِ الْأَرْبَعَةِ بِالرَّغْمِ مِنَ أَنَّ الجَمِيْعَ بِوَحْيٍ مِنَ اللهِ تَعَالَى. اه‍

Dari kelompok ketiga ini, Imām Junaid tidak bisa disebut sebagai penggagas tharīqah, jika dikatakan bahwa tharīqah murni berasal dari wahyu Ilahi. Tetapi dinisbatkannya tharīqah kepada beliau karena jasa dan pengaruhnya dalam membuat kaidah-kaidah asal dan seruan-seruannya untuk senantiasa mengamalkan tharīqah di saat banyak kalangan mulai meninggalkannya. Hal ini juga berlaku pada penisbatan Imām al-Asy‘arī sebagai pioner ilmu kalam dan Fikih kepada Empat Imām Madzhab meskipun hakikatnya semuanya bersumber dari wahyu Allah s.w.t.”

وَهُوَ تَحْقِيْقٌ بَالِغٌ يُعْلَمُ مِنْهُ مَا يُسَمَّى الْآنَ تَصَوُّفًا وَطَرِيْقَةً لَمْ يَتَجَاوَزْ مَا كَانَ عَلَيْهِ الصَّحَابَةُ وَالتَّابِعُوْنَ مِنَ الْأَخْلَاقِ الْفَاضِلَةِ وَالصِّفَاتِ الْجَمِيْلَةِ الَّتِيْ حَضَّ اللهُ وَرَسُوْلُهُ عَلَى التَّخَلُّقِ بِهَا وَمَدَحَا أَصْحَابَهَا فِيْ غَيْرِ آيَةٍ وَحَدِيْثٍ

Inilah wujud kongkret dari apa yang sekarang ramai dibicarakan tentang tashawwuf dan tharīqah. Tidak lebih dari akhlak mulia dan perilaku yang indah para sahabat dan tābi‘īn, yang Allah dan Rasūl-Nya menyeru untuk berakhlak dengan akhlak mulia tersebut dan memuji kepada orang yang berakhlak mulia di banyak ayat dan ḥadīts (bukan hanya satu ayat dan satu ḥadīts saja).

الْوَجْهُ الْخَامِسُ: أَنَّ فِيْ سُلُوْكِ الطَّرِيْقِ صُحْبَةُ الْمَشَايِخِ الْكُمَّلِ، وَالْاِقْتِدَاءُ بِهِمْ وَ الْاِهْتِدَاءُ بِهَدْيِهِمْ، وَقَدْ أَمَرَ اللهُ بِذلِكَ فِيْ قَوْلِهِ تَعَالَى: وَاتَّبِعْ سَبِيْلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ. لقمان: ١٥

Kelima, Dalam proses suluk di dalam tharīqah harus dibarengi suḥbah (berkumpul) dengan guru atau mursyid yang mumpuni, serta mengikuti petunjuk dan bimbingannya. Hal ini sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah s.w.t. dalam firman-Nya: “Ikutilah jalan orang-orang yang kembali kepada-Ku.” (QS. Luqmān: 15).

قَالَ الْإِمَامُ زَرُّوْقُ: وَالْإِنَابَةُ لَاتَكُوْنُ إِلَّا بِعِلْمٍ وَاضِحٍ وَعَمَلٍ صَحِيْحٍ وَحَالِ ثَابِتٍ لَايُنْقِضُهُ كِتَابٌ وَلَاسُنَّةٌ

Imām az-Zarrūq berkata: “Inābah (Perjalanan kembali kepada Allah) tidak akan berhasil kecuali dengan ilmu yang jelas, amal yang benar, keadaan yang teguh, serta tidak bertentangan dengan al-Qur’ān dan Sunnah.”

الْوَجْهُ السَّادِسُ: أَنَّ سُلُوْكَ الطَّرِيْقِ يُنَوِّرُ بَصِيْرَةَ الشَّخْصِ وَيَسْمُوْ بِهِمَّتِهِ حَتَّى لَايَبْقَى لَهُ تَعَلُّقٌ إِلَّا بِاللهِ وَلَايَكُوْنُ لَهُ اعْتِمَادٌ إِلَّا عَلَيْهِ؛ فَيَصِيْرُ مَصُوْنُ السِّرِّ عَنِ الْاِلْتفَاتِ إِلَى الْخَلْقِ مَرْفُوْعُ الْهِمَّةِ عَنْ تَأْمِيْلِهِمْ اِكْتِفَاءً بِالْحَقِّ مُتَحَقِّقًا بِالْحَقِيْقَةِ فِيْ جَمِيْعِ الْأَحْوَالِ، مَتَوَسِّمًا بِالشَّرِيْعَةِ فِي الْأَقْوَالِ وَالْأَفْعَالِ

Keenam, Sesungguhnya suluk dalam tharīqah dapat menerangi bashīrah (mata hati) seseorang, mengangkat derajatnya dengan hasrat kuatnya, hingga tiada lagi tempat bergantung selain kepada Allah s.w.t., tidak ada tempat bersandar kecuali kepada-Nya. Dengan begitu ia akan terjaga dari berpaling kepada makhluk, terhilangkan segala cita untuk condong kepada mereka. Sebab ia merasa cukup dengan yang Maha Ḥaqq, merasa mantap secara hakikat dalam setiap keadaannya. Setiap perkataan dan perbuatannya menunjukkan kesesuaian dengan syarī‘at.

وَهذَا أَعْلَى مَا يُطْلَبُ مِنَ الْمُؤْمِنِ وَإِلَيْهِ أَشَارَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ بِقَوْلِهِ لِابْنِ عَبَّاسٍ: إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللهَ وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللهِ. وَبَايَعَ الصَّحَابَةُ – مِنْهُمْ ثَوْبَانُ مَوْلَاهُ وَ الصِّدَّيْقُ صَاحِبُهُ – عَلَى أَلَّا يَسْأَلُوا النَّاسَ شَيْئًا؛ وَ ذلِكَ لِرَفْعِ الْهِمَّةِ عَنِ الْخَلْقِ وَالْاِكْتِفَاءِ بِالْاِلْتِجَاءِ إِلَى الْحَقِّ

Inilah tingkatan paling tinggi yang diraih oleh setiap orang mu’min. Sebagaimana isyarat ḥadīts Nabi yang ditujukan untuk Ibnu ‘Abbās r.a.: “Jika engkau meminta sesuatu mintalah kepada Allah, jika engkau membutuhkan pertolongan, mintalah kepada Allah.” Para sahabat pun berbai‘at (mengikat janji), di antaranya sahabat Abū Bakar r.a. dan budaknya, untuk tidak meminta apapun kepada makhluk. Karena hanya dengan cara itulah ketergantungan terhadap manusia hilang dan mencukupkan diri terhadap rahmat Allah, Dzāt Yang Maha Benar.

الْوَجْهُ السَّابِعُ: أَنَّ فِيْ سُلُوْكِ الطَّرِيْقِ بِصُحْبَةِ شَيْخٍ مُرْشِدٍ عَارِفٍ خُرُوْجًا مِنْ رَعُوْنَاتِ النَّفْسِ وَحِمَايَةً لِلْمُرِيْدِ مِنْ كُلِّ مَا يَمْنَعُهُ مِنَ الْوُصُوْلِ إِلَى اللهِ تَعَالَى مِنْ أَنْوَاعِ الْجَهْلِ وَالْغُرُوْرِ وَدَوَاعِي الْهَوَى الْمُوْقِعَةِ فِيْ ظُلْمَةِ الْقَلْبِ وَإِطْفَاءِ النُّوْرِ

Ketujuh, Dalam menempuh jalan tharīqah, melalui bimbingan bersama seorang mursyid yang ‘arif dapat mengeluarkan dari kecerobohan dan kesalahan diri. Menjaga sang murid dari perkara yang mencegah wushūl kepada Allah s.w.t. dari berbagai macam kebodohan, tipu daya dunia, dan dorongan hawa nafsu yang dapat mengantarkan pada gelapnya hati dan redupnya cahaya ilahi.

وَلِهذَا قَالَ ابْنُ عَطَاءِ اللهِ فِيْ لَطَائِفِ الْمِنَنِ: شَيْخُكَ هُوَ الَّذِيْ أَخْرَجَكَ مِنْ سِجْنِ الْهَوَى وَدَخَلَ بِكَ عَلَى الْمَوْلَى. شَيْخُكَ هُوَ الَّذِيْ مَا زَالَ يَجْلُو مِرْآةَ قَلْبِكَ حَتَّى تَتَجَلَّى فِيْهِ أَنْوَارُ رَبِّكَ

Dari itu Imām Ibnu ‘Athā’illāh as-Sakandarī r.a. dalam kitabnya “Lathā’if-ul-Minan” mengatakan: “Gurumu adalah orang yang dapat mengeluarkan dirimu dari belenggu hawa nafsu dan mengantarmu masuk ke dalam naungan Tuhan. Gurumu ialah sosok yang dapat menyingkirkan penghalang dalam hatimu, sehingga cahaya-Nya bersinar terang dalamnya.

وَنَهَضَ بِكَ إِلَى اللهِ فَنَهَضْتَ إِلَيْهِ وَسَارَ بِكَ حَتَّى وَصَلْتَ إِلَيْهِ وَلَازَالَ مُحَاذِيًا لَكَ حَتَّى أَلْقَاكَ بَيْنَ يَدَيْهِ فَزُجَّ بِكَ فِيْ نُوْرِ الْحَضْرَةِ وَقَالَ: هَا أَنْتَ وَرَبُّكَ. اه‍

Membangkitkan semangatmu menuju kepada Allah sehingga kau pun bangkit menuju-Nya. Hingga saat engkau sampai di hadapan-Nya dan senantiasa menghadap-Nya dan dirimu seakan larut dalam cahaya keharibaan-Nya. Seraya ia (gurumu) berkata: “Inilah dirimu di hadapan Tuhanmu.”

وَقَالَ أَيْضًا: إِنَّمَا يَكُوْنُ الْاِقْتِدَاءُ بِوَلِيٍّ دَلَّكَ اللهُ عَلَيْهِ وَأَطْلَعَكَ عَلَى مَا أَوْدَعَهُ مِنَ الْخُصُوْصِيَّةِ لَدَيْهِ، فَطَوَى عَنْكَ شُهُوْدُ بَشَرِيَّتِهِ فِيْ وُجُوْدِ خُصُوْصِيَّتِهِ فَأَلْقَيْتَ إِلَيْه الْقِيَادَ فَسَلَكَ بِكَ سَبِيْلَ الرَّشَادِ يُعَرِّفُكَ بِرَعُوْنَةِ نَفْسِكَ، وَيَدُلُّكَ عَلَى الْجَمْعِ عَلَى اللهِ، وَيُعَلِّمُكَ الْفِرَارَ عَمَّا سِوَى اللهِ، وَيُسَايِرُكَ فِيْ طَرِيْقِكَ حَتَّى تَصِلَ إِلَى اللهِ

Imām Ibnu ‘Athā’illāh r.a. juga berkata: “Bahwa dalam proses mengikuti dan berguru kepada seorang wali (kekasih Allah) maka Allah akan menunjukkan dan menyingkapkan rahasia-Nya kepadamu melalui keistimewaan seorang wali tersebut. Sehingga tampak persaksianmu akan keistimewaan itu. Dan kau dapati bimbingannya hingga kau menapaki jalan yang benar, di mana kau bisa mengerti akan pemeliharaan jiwamu. Ia tunjukkan kamu untuk selalu bersama Allah dan berpaling dari selain-Nya, hingga kau bisa wushūl (sampai) ke hadirat-Nya.

يُوْقِفُكَ عَلَى إِسَاءَة نَفْسِكَ وَيُعَرِّفُكَ بِإِحْسَانِ اللهِ إِلَيْكَ؛ فَيُفِيْدُكَ مَعْرِفَةَ إِسَاءَةِ نَفْسِكَ الْهَرَبَ مِنْهَا وَعَدَمَ الرُّكُوْنِ إِلَيْهَا، وَيُفِيْدُكَ الْعِلْمَ بِإِحْسَانِ اللهِ إِلَيْكَ الْإِقْبَالَ عَلَيْهِ وَالْقِيَامَ بِالشُّكْرِ إِلَيْهِ وَالدَّوَامِ عَلَى مَمَرِّ السَّاعَاتِ بَيْنَ يَدَيْهِ

Ia mengingatkan keburukan dirimu dan mengantarkanmu mengerti kebaikan Tuhan padamu. Dengan begitu, saat kau tau buruknya (keadaan) jiwamu menjadikanmu tidak nyaman dan lari menghindarinya. Kau pun memperoleh pengetahuan tentang segala kebaikan Tuhan kepadamu, menerima dan senantiasa bersyukur serta selalu bersama-Nya di sepanjang waktu.”

قَالَ: فَإِنْ قُلْتَ: فَـأَيْنَ مَنْ هذَا وَصْفُهُ لَقَدْ دَلَّلَتْنِيْ عَلَى أَغْرَبِ مِنْ عُنَقَاء مَغْرِبِ؟

Imām Ibnu ‘Athā’illāh r.a. berkata: “Bila kau bertanya: di manakah seorang guru dengan kriteria seperti ini, yang engkau telah tunjukkan tentang orang yang lebih sulit untuk ditemukan dari unaqā’ maghrib. [⁵]?”

فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَايُعْوِزُكَ وُجُوْدُ الدَّالِّيْنَ وَإِنَّمَا يُعْوِزُكَ وُجْدَانُ الصِّدْقِ فِيْ طَلَبِهِمْ. جِدْ صِدْقًا تَجِدْ رُشْدًا، وَتَجِدُ ذلِكَ فِيْ آيَتَيْنِ مِنْ كِتَابِ اللهِ تَعَالَى، قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: أَمَّنْ يُجِيْبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ. النمل: ٦٢. وَقَالَ تَعَالَى: فَلَوْ صَدَقُوا اللهَ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ. محمد: ٢١

Ketahuilah bahwa yang terpenting dari itu semua adalah bukan adanya berbagai petunjuk kriteria seorang guru, tapi sejauh mana engkau bersungguh-sungguh dalam mencarinya. Bersungguh-sungguhlah dalam mencari, maka petunjuk akan menghampiri. Hal ini sesuai dengan dua ayat dalam al-Qur’ān: “Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya.” (QS. an-Naml: 62). “Tetapi jikalau mereka benar (imannya) terhadap Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.” (QS. Muḥammad: 21).

فَلَوِاضْطَرَرْتَ إِلَى مَنْ يُوْصِلُكَ إِلَى اللهِ اضْطِّرَارَ الْظَّمْآنِ إِلَى الْمَاءِ وَالْخَائِفِ إِلَى الْأَمْنِ لَوَجَدْتَ ذلِكَ أَقْرَبُ إِلَيْكَ مِنْ وُجُوْدِ طَلَبِكَ. وَلَوِاضْطَرَرْتَ إِلَى اللهِ اضْطِرَارَ الْأُمِّ لِوَلَدِهَا إِذَا فَقِدَتْهُ، لَوَجَدْتَ الْحَقَّ مِنْكَ قَرِيْبًا وَلَكَ مُجِيْبًا وَلَوَجَدْتَ الْوُصُوْلَ غَيْرَ مُتَعَذِّرٍ عَلَيْكَ وَلَتَوَجَّهَ الْحَقُّ يَتَيَسَّرُ ذلِكَ عَلَيْكَ. اه‍

Jikalau engkau merasakan kesusahan dalam mencari seseorang yang dapat membimbingmu menuju Allah, seperti sulitnya orang yang kehausan terhadap air, dan orang yang ketakutan yang mencari perlindungan. Maka kau akan dapati dirimu semakin dekat dengan apa yang kau cari. Ketika kau dapati dirimu bersusah payah merangkak menuju Allah, seperti halnya kecemasan seorang ibu tatkala kehilangan anaknya, maka semakin dekatlah Allah Yang Maha Ḥaqq bagimu, menyambut kehadiranmu. Lalu engkau pun sampai pada Allah (wushūl) tanpa merasakan kesukaran, sebab Allah telah mempermudah jalanmu.

الْوَجْهُ الثَّامِنُ: أَنَّ فِيْ سُلُوْكِ الطَّرِيْقِ الْإِكْثَارُ مِنْ ذِكْرِ اللهِ وَالْاِسْتِعَانَةُ بِصُحْبَةِ الشَّيْخِ عَلَى ذلِكَ، وَلَاشَكَّ أَنَّ الذِّكْرَ يُصَفِّي الْقُلُوْبَ وَيَدْعُوْ إِلَى اطْمِئْنَانِهَا كَمَا قَالَ تَعَالَى: أَلَا بِذِكْرِ اللهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبَ. الرعد: ٢٨

Kedelapan, Sesungguhnya dalam suluk tharīqah ialah memperbanyak berdzikir kepada Allah dan meminta pertolongan lewat pengabdian kepada guru atau mursyid. Tak diragukan lagi bahwa berdzikir kepada Allah dapat membersihkan hati dan memberikan ketenangan tiada kira. Seperti yang termaktub dalam firman Allah: “Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. ar-Ra‘d: 28).

فَإِنَّ اللهَ تَعَالَى لَمْ يُقَيِّدْهُ بِحَدٍّ وَلَاشَرْطٍ وَلَانِهَايَةٍ حَيْثُ قَالَ تَعَالَى: يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللهَ ذِكْرًا كثِيْرًا، وَسَبِّحُوْهُ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا. الأحزاب: ٤١-٤٢، وَكُلُّ أَمْرٍ أَمَرَ اللهُ بِهِ فِي الْقُرْآنِ جَعَلَ لَهُ حَدًّا وَشَرْطًا وَنِهَايَةً إِلَّا الذِّكْرَ

Allah s.w.t. tidak membatasi dzikir dengan batasan, syarat, maupun ujung pangkalnya, sebagaimana firman Allah s.w.t.: “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (QS. al-Aḥzāb: 41-42).

فَلِهذِهِ الْوُجُوْهِ الَّتِيْ ذَكَرْنَاهَا وَغَيْرِهَا كَانَ سُلُوْكُ طَرِيْقِ التَّصَوُّفِ وَاجِبًا وَالْاِنْخِرَاطُ فِيْ سِلْكِ أَهْلِهِ أَمْرًا لَازِمًا

Dari kesemua dalil argumentasi yang telah kami paparkan, maka dapat disimpulkan bahwa menempuh jalan tashawwuf (bertharīqah) adalah wajib. Dan masuk ke dalam tharīqah para ahli tashawwuf adalah sebuah keharusan.

وَنَحْنُ لَانُنْكِرُ أَنَّهُ دَخَلَ فِي الطَّرِيْقِ دُخَلَاءُ أَدْعِيَاءُ وَجُهَلَاءُ أَغْبِيَاءُ، اتَّخَذُوا الطَّرِيْقَ سُلَّمًا لِتَحْصِيْلِ أَغْرَاضِهِمْ وَشَهَوَاتِهِمْ، وَابْتَدَعُوْا فِيْهِ بِدْعًا مَا أَنْزَلَ اللهُ بِهَا مِنْ سُلْطَانٍ، وَزَعَمُوْا أَنَّهُمْ أَهْلُ الْحَقِيْقَةِ يَجُوْزُ لَهُمْ مَا يَكُوْنُ مُحَرَّمًا فِي الشَّرِيْعَةِ وَكَذَبُوْا

Kami juga tidak mengingkari bahwa dalam praktek tharīqah ini di dalamnya terdapat orang-orang yang asal-asalan, orang yang menuduh hal yang tidak benar, orang-orang bodoh dan tidak berilmu. Mereka menjadikan tharīqah hanya sebagai batu loncatan untuk memenuhi keinginan mereka, memuaskan nafsu mereka serta membuat suatu bid‘ah yang tidak sesuai dengan apa yang digariskan Allah s.w.t. Mereka menyangka bahwa merekalah ahli hakikat yang boleh atas mereka apa-apa yang diharamkan oleh syarī‘at, mereka telah berdusta.

فَإِنَّ الشَّرِيْعَةَ وَالْحَقِيْقَةَ صِنْوَانٌ وَمَا خَالَفَتِ الشَّرِيْعَةُ الْحَقِيْقَةَ قَطٌّ إِلَّا فِيْ نَظَرٍ جَاهِلٍ

Padahal syarī‘at dan hakikat adalah dua hal yang tidak mungkin saling bertentangan kecuali dalam penilaian orang bodoh.

فَمِثْلُ هٰؤُلَاءِ لَيْسُوْا مِنَ الصُّوْفِيَّةِ فِيْ شَيْءٍ، وَأَوَّلُ مَنْ يَبْرَأُ مِنْهُمُ الصُّوْفِيَّةُ، وَمِنَ الظُّلْمِ الْبَيِّنِ أَنْ يَعْتَرِضَ بَعْضُ النَّاسِ بِفِعْلِ هٰؤُلَاءِ الْجَهْلَةِ وَيَجْعَلَهُ حُجَّةً عَلَى التَّصَوُّفِ وَالصُّوْفِيَّةِ

Orang-orang seperti mereka ini bukanlah termasuk kalangan shūfī. Mereka inilah yang merusak pandangan awam tentang kaum shūfī dan tashawwuf. Termasuk sebuah kezhaliman yang besar adalah ketika sebagian orang mulai melakukan dan mengikuti orang-orang bodoh di atas, sembari mengklaim bahwa apa yang mereka lakukan adalah representasi dari tashawwuf dan shūfī itu sendiri.

فَمَا التَّصَوُّفُ إِلَّااتِّبَاعُ الْكِتَابِ وَالسُّنَّةِ، وَ مَا الصُّوْفِيَّةِ إِلَّا قَوْمٌ جَاهَدُوْا أَنْفُسَهُمْ. فَهَدَاهُمُ اللهُ وَالَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْنَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا، وَإِنَّ اللهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِيْنَ. العنكبوت: ٦٩

Sungguh tiadalah tashawwuf kecuali mengikuti al-Qur’ān dan Sunnah. Dan bukanlah kalangan shūfī, kecuali mereka yang memerangi hawa nafsunya. Semoga Allah s.w.t. memberikan petunjuk kepada mereka: “Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. al-‘Ankabūt: 69).

Catatan:
--------------
[1]. Yaitu Imām al-Quthub yang ma‘rifat kepada Allah (al-‘Ārif billāh), Muḥammad bin Shiddīq bin Aḥmad bin Qāsim al-Ghumarī al-Ḥasanī al-Idrīsī ath-Thanjī. Secara nasab, beliau masih dari garis keturunan maulana Idrīs putra pertama dari ‘Abdullāh ibn al-Kāmil putra dari al-Ḥasan al-Mutsannā putra Sayyidinā Ḥasan Mujtabā putra Imām ‘Alī bin Abī Thālib karramallāhu wajhah. Beliau adalah seorang ‘ulamā’ ahli ḥadīts (muḥaddits) dari Maroko yang merupakan pendiri dari tharīqah Shiddīqiyyah Syādzaliyyah di kota Thanjah. Lahir di Ghumarah tahun 1295 H. dan diberi nama ayahnya “Muḥammad al-Manshūr” dan wafat di Thanjah tahun 1354 H. Salah satu karyanya yang terkenal adalah “al-Washiyat-ush-Shiddīqiyyah”, berisi wejangan dalam ketaatan.
[2]. Nafsu yang sudah mengenal baik dan buruk, namun jika lalai beribadah berpotensi terjerumus dalam dosa-dosa.
[3]. Nafsu yang suka menggiring manusia melakukan perbuatan yang dilarang agama.
[4]. Nafsu yang membuat pemiliknya tenang dalam ketaatan.
[5]. Nama sebuah burung dalam mitos.