22.11.22

Mursyid sebagai Pemandu Jalan.

Tugas Mursyid.
  Mursyid dalam tharīqah adalah seorang wali yang layak diikuti sebagai imam dalam perjalanan menuju Tuhan. Ia adalah wali Allāh s.w.t. yang ciri khasnya sebagaimana disebutkan di atas. Jalan menuju Tuhan bukan jalan yang mulus melainkan jalan yang berliku-liku dan penuh dengan rintangan-rintangan berupa ranjau-ranjau Iblīs sehingga diperlukan pemandu yang ‘ārif untuk bisa selamat dari semua rintangan itu. Seorang sālik, orang yang menempuh perjalanan (menuju Tuhan) atau yang biasa disebut dengan murīd, yang telah membulatkan kehendaknya untuk menempuh perjalanan (menuju Tuhan) tidak boleh tidak harus didampingi mursyid sebagai pemandu jalan yang menuntun dan sekaligus memperingatkannya apabila ada bahaya yang mengancam. Keberadaan seorang mursyid dengan fungsi ini sangat mutlak.

Barang siapa berjalan tanpa pemandu, ia memerlukan dua ratus tahun untuk perjalanan dua hari, kata Jalāluddīn Rumi dalam Matsnawī yang dikutip oleh Annemarie Schimmel (Dimensi Mistik dalam Islam, halaman:106), untuk menggambarkan betapa sulitnya perjalanan itu dan betapa pentingnya keberadaan seorang pemandu (mursyid).

Di antara syarat tarekat mu‘tabarah adalah tharīqah tersebut bersambung sampai Rasūlullāh dan diakui keberadaannya. Hal ini disebabkan karena jika seorang yang sanadnya terputus, atau tidak diberi idzin untuk mem-bai‘at para murīd tharīqah, maka bagi seorang sālik tidak boleh untuk mengambil sanad atau mempelajari tharīqah dari guru tersebut. Bahkan, lebih berbahaya lagi jika seorang sālik belajar tharīqah hanya melalui bacaan atau buku-buku tanpa melalui bai‘at dan bimbingan seorang mursyid yang telah memiliki wewenang untuk mengajarkan tharīqah tersebut. Karena jika sudah demikian, maka yang menjadi pembimbingnya adalah syaithan.

Syaikh Amīn al-Qurdhī mengatakan: “Wajib bagi orang yang menempuh tharīqah yang sempurna perjalanannya kepada Allāh dan suluknya atas kuasa seorang mursyid yang sampai pada maqām-maqām yang luhur itu, yang bersambung sampai Rasūlullāh s.a.w., juga mendapatkan idzin (wewenang) dari gurunya untuk memberi arahan dan petunjuk kepada Allāh, bukan didasarkan pada ketidaktahuan atau berdasarkan nafsu. Oleh karena itu, guru yang ‘ārif yang telah sampai (pada maqām-maqām itu) menjadi perantara bagi murīd menuju Allāh, yang menjadi pintu bagi murīd untuk masuk menuju Allāh. Barang siapa tidak mempunyai guru yang menunjukkannya, maka yang menjadi penunjuknya adalah syaithan.” (Tanwīr-ul-Qulūb, halaman: 524-525)

Posisi mursyid atau syaikh sufi menurut Ibn Taimiyah tidak ubahnya seperti imam dalam shalat dan pemandu haji (dalīl-ul-ḥajj); imam shalat diikuti oleh ma’mum, mereka shalat sesuai dengan shalatnya imam (yushallūna bi shalātihi), sedangkan pemandu haji menunjukkan kepada jamā‘ah jalan menuju baitullāh (yadullū-l-wafd ‘alā tharīq-il-bait), (Minhāju Sunnat-in-Nabawiyyah, juz 8, halaman: 38).

Dalam peristiwa Isrā’ dan Mi‘rāj (perjalanan Nabi menuju Tuhan), Nabi s.a.w. dipandu oleh Jibrīl a.s. yang berfungsi sebagai mursyid, imam atau guide, yaitu pemandu jalan yang menuntun dan membimbing beliau hingga sampai di hadirat Allāh ‘azza wa jalla.

فَقَالَ: مَا هذِهِ يَا جِبْرَائِيْلُ؟ قَالَ: سِرْ يَامُحَمَّدْ، فَسَارَ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ يَسِيْرَ، فَإِذَا شَيْءٌ يَدْعُوْهُ مُتَنَحِّيًا عَنِ الطَّرِيْقِ يَقُوْلُ: هَلُمَّ يَامُحَمَّدُ، قَالَ جِبْرَائِيْلُ: سِرْ يَامُحَمَّدُ، فَسَارَ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ يَسِيْرَ، قَالَ: ثُمَّ لَقِيَهُ خَلْقٌ مِنَ الْخَلَائِقَ، فَقَالَ أَحَدُهُمْ: السَّلَامُ عَلَيْكَ يَاأَوَّلُ، وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ يَاآخِرُ، وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ يَاحَاشِرُ، فَقَالَ لَهُ جِبْرَائِيْلُ: اُرْدُدِ السَّلَامَ يَامُحَمَّدُ، قَالَ: فَرَدُّ السَّلَامَ، ثُمَّ لَقِيَهُ الثَّانِيْ، فَقَالَ لَهُ مِثْلَ مَقَالَةِ الْأَوَّلِيْنَ حَتَّى انْتَهَى إِلَى بَيْتِ الْمُقَدَّسِ، فَعُرِضَ عَلَيْهِ الْمَاءُ وَاللَّبَنُ وَالْخَمْرُ، فَتَنَاوَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّبَنَ، فَقَالَ لَهُ جِبْرَائِيْلُ: أَصَبْتُ يَامُحَمَّد الْفِطْرَةَ، وَلَوْ شَرِبْتَ الْمَاءَ لَغَرَقْتَ وَغَرَقَتْ أُمَّتُكَ، وَ لَوْ شَرِبْتَ الْخَمْرَ لَغَوَيْتَ وَغَوَتْ أُمَّتُكَ، ثُمَّ بُعِثَ لَهُ آدَمُ فَمَنْ دُوْنَهُ مِنَ الْأَنْبِيَاءِ، فَأَمَّهُمْ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تِلْكَ اللَّيْلَةَ. ثُمَّ قَالَ لَهُ جِبْرَائِيْلُ: أَمَّا الْعَجُوْزُ الَّتِيْ رَأَيْتَ عَلَى جَانِبِ الطَّرِيْقِ، فَلَمْ يَبْقَ مِنَ الدُّنْيَا إِلَّا بِقَدْرِ مَا بَقِيَ مِنْ عَمْرِ تِلْكَ الْعَجُوْزِ، وَأَمَّا الَّذِيْ أَرَادَ أَنْ تَمِيْلَ إِلَيْهِ، فَذَاكَ عَدُوُّ اللهِ إِبْلِيْسُ، أَرَادَ أَنْ تَمِيْلَ إِلَيْهِ، وَأَمَّا الَّذِيْنَ سَلَّمُوْا عَلَيْكَ، فَذَاكَ إِبْرَاهِيْمَ وَمُوْسَى وَعِيْسَى. تفسير الطبري ج ١٧، ص: ٣٣٦

Dalam Tafsīr ath-Thabarī disebutkan bahwa dalam Mi‘raj itu, Nabi s.a.w. bertemu dengan seorang tua renta di sisi jalan, dan ketika beliau bertanya siapa orang itu, Jibrīl a.s. berkata: Teruslah berjalan, wahai Muḥammad (sir yā muḥammad)! Beliau juga mendengar sebuah suara yang menyeru beliau agar menyingkir dari jalan, “Halumma yā muḥammad (ke sinilah Muḥammad)!, sebelum Nabi s.a.w. sempat menoleh Jibrīl sudah langsung memperingatkan, Teruslah berjalan, wahai Muḥammad (sir yā muḥammad)! Beberapa saat kemudian Jibrīl memberikan penjelasan. Orang tua yang engkau lihat di sisi jalan tadi menunjukkan bahwa tidak tersisa dari dunia ini kecuali sekadar sisi umur orang tua itu, sedangkan suara yang hendak memalingkanmu adalah Iblīs.” (Tafsīr-uth-Thabarī, juz 17, halaman: 336, Tafsīru Ibni Katsīr, juz 3, halaman: 6, Al-Aḥādits-ul-Mukhtarah, juz 6, halaman: 258).

Peristiwa Isrā’ dan Mi‘rāj Nabi s.a.w. memang menjadi rujukan utama para sufi, terutama yang berkenaan dengan unsur Jibrīl a.s. yang berfungsi sebagai mursyid, sang pemandu.

Keberadaan unsur Jibrīl a.s. sangat mutlak sedemikian rupa sehingga andai kata unsur ini tidak ada, maka Nabi s.a.w. akan terperangkap oleh jebakan Iblīs. Lalu bagaimana dengan umat beliau? Apakah mereka juga memerlukan unsur Jibrīl ini? Jawabannya pasti: ya, tidak boleh tidak. Posisi dan fungsi unsur Jibrīl a.s. ini justru diduduki dan dilaksanakan oleh Nabi sendiri.

Urgensi unsur Jibrīl sangat jelas terutama mengingat pernyataan Nabi s.a.w. bahwa shalat adalah mi‘rāj-nya orang mukmin, (Syarḥu Sunani Ibni Mājah, halaman: 313). Artinya, orang-orang mu’min juga dimungkinkan mengalami mi‘rāj dengan idzin dan kehendak Tuhan. Sebagai sarana mi‘rāj, dalam shalat seorang mukmin harus melibatkan unsur Jibrīl, kalau tidak, maka shalatnya akan didominasi oleh unsur syaithan, sehingga shalat itu menjadi shalat yang tanpa makna, gersang, dan jauh dari nilai-nilai khusyū‘, yang pada gilirannya tidak dapat berfungsi sebagai tanhā ‘an-il-faḥsyā’i wal-munkar mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, (Q.S. al-‘Ankabūt:45).

Shalat semacam ini kata Nabi s.a.w. dalam riwayat ath-Thabranī dengan perawi-perawi shaḥīḥ (Majma‘-uz-Zawā’id, juz 2: 258), adalah shalat yang hanya akan menjauhkan pelakunya dari Allāh s.w.t. (man lam tanhāhu shalātuhu ‘an-il-faḥsyā’i wal-munkari lam yazdad minallāhi illā bu‘dan), (al-Mu‘jam-ul-Kabīr, juz 11, halaman: 54). Berbagai kasus dalam kehidupan orang-orang mu’min menjadi bukti tak terbantah atas pernyataan ini.

Mi‘rāj adalah karunia Tuhan yang berupa perjalanan menuju Dia s.w.t. dengan perbentangan berbagai fenomena ghaib (metafisik) sesuai dengan yang dikehendaki-Nya.

Dalam sejarah Nabi s.a.w. dikenal dua jenis mi‘rāj: Khusus dan umum. Mi‘rāj khusus dialami Nabi s.a.w. pada saat beliau menerima perintah shalat wajib lima waktu. Sedangkan mi‘rāj umum dialami Nabi s.a.w. pada saat-saat yang lain termasuk ketika beliau dimuliakan Allāh dengan diangkat sebagai Rasūl.

Dalam wacana sufi mi‘rāj umum lebih sering disebut dengan istilah murāqabah, dan sangat dimungkinkan dialami oleh siapa pun dari kalangan orang-orang beriman. Pengalaman melihat surga dan neraka dengan mata kepala (murāqabah) yang dialami para sahabat merupakan indikasi nyata atas kemungkinan ini.

Dalam kitab Shaḥīḥ-nya Imām Muslim memuat bab yang menyinggung soal murāqabah; di dalamnya diriwayatkan sebuah hadits yang berasal dari Ḥanzhalah al-Usayyidī, salah seorang sekretaris Rasūlullāh s.a.w., ia berkata bahwa ketika Nabi bercerita tentang Surga dan Neraka, ia dan Abū Bakar ash-Shiddīq r.a. merasa melihat Surga dan Neraka itu dengan mata kepala mereka, tetapi masing-masing dari mereka banyak yang lupa apa yang mereka lihat, lalu mereka memutuskan untuk menghadap Nabi s.a.w. dan menanyakan hal itu. Dialog antara Ḥanzhalah dan Nabi dapat disimak dari kutipan berikut:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بِنْ يَحْيَى اَلتَّيْمِيِّ وقطن بن نسير واللفظ ليحيى أخبرنا جعفر بن سليمان عن سعيد بن إياس الجريري عن أبي عثمان النهدي عن حنظلة الأسيدي قال وكان من كتاب رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: لَقِيَنِيْ أَبُوْ بَكْرٍ، فَقَالَ: كَيْفَ أَنْتَ يَاحَنْظَلَةُ؟ قَالَ: قُلْتُ: نَافَقَ حَنْظَلَةُ، قَالَ: سُبْحَانَ اللهِ، مَا تَقُوْلُ؟ قَالَ: قُلْتُ: نَكُوْنُ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم، يُذَكِّرُنَا بِالنَّارِ وَالْجَنَّةِ، حَتَّى كَأَنَّا رَأْيَ عَيْنٍ، فَإِذَا خَرَجْنَا مِنْ عِنْدِ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم، عَافَسْنَا الْأَزْوَاجَ وَالْأَوْلَادَ وَالضَّيْعَاتِ، فَنَسِيْنَا كَثِيْرًا، قَالَ أَبُوْ بَكْر: فَوَاللهِ، إِنَّا لَنَلْقَى مِثْلَ هذَا، فَانْطَلَقْتُ أَنَا وَأَبُوْ بَكْر، حَتَّى دَخَلْنَا عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم، قُلْتُ: نَافَقَ حَنْظَلَةُ، يَارَسُوْلَ اللهِ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: وَمَا ذَاكَ؟ قُلْتُ: يَارَسُوْلَ اللهِ، نَكُوْنُ عِنْدَكَ، تُذَكِّرُنَا بِالنَّارِ وَالْجَنَّةِ، حَتَّى كَأَنَّا رَأْيَ عَيْنٍ، فَإِذَا خَرَجْنَا مِنْ عِنْدِكَ، عَافَسْنَا الْأَزْوَاجَ وَالْأَوْلَادَ وَالضَّيْعَاتِ، نَسِيْنَا كَثِيْرًا. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ، إِنْ لَوْ تَدُوْمُوْنَ عَلَى مَا تَكُوْنُوْنَ عِنْدِيْ، وَفِي الذِّكْرِ، لَصَافَحَتْكُمُ الْمَلَائِكَةُ عَلَى فُرُشِكُمْ، وَفِيْ طُرُقِكُمْ، وَلكِنْ يَا حَنْظَلَةُ، سَاعَةً، وَسَاعَةً، ثَلَاثَ مَرَّاتٍ. صحيح مسلم - عبد الباقي، ج ٤، ص: ١١٠٠

“Aku (Ḥanzhalah) berkata: Ḥanzhalah telah munafik, wahai Rasūlullāh. Rasūlullāh s.a.w. bertanya: “Ada apa?” Aku (Ḥanzhalah) berkata: “Wahai Rasūlullāh, kami pernah berada di hadapanmu mendengarkan engkau bercerita kepada kami tentang surga dan neraka sehingga kami seolah-olah melihat surga dan neraka itu dengan mata kepala. Setelah kami pulang dari hadapanmu, serta bertemu dan bermain-main dengan anak-istri kami dan pergi ke perkarangan kami, kami banyak lupa tentang hal itu. Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Demi Dzāt yang jiwaku berada di tangan-Nya, jika kalian berkekalan dengan apa yang kalian lihat di hadapanku dan berkekalan dalam dzikir, niscaya para malaikat menjabat tangan kalian di atas tempat tidur kalian dan di jalan-jalan (tharīqah-tharīqah) kalian. Sayangnya, wahai Ḥanzhalah, (murāqabah itu) hanya sesaat dan sesaat (ini diucapkan tiga kali oleh beliau).” (Shaḥīḥ Muslim – ‘Abd-ul-Bāqī, juz 4, halaman:1100, Musnad Aḥmad, juz 4, halaman:346, Sunan-ut-Tirmidzī, juz 4, halaman:666).

Dalam kasus tersebut para sahabat telah mengalami murāqabah dan sekaligus mi‘rāj, karena mi‘rāj pada dasarnya dapat dipahami sebagai naik dan melintasi alam fisik, keluar dari dimensi ruang dan waktu, serta memasuki dan menyaksikan alam metafisik ketuhanan. Pengalaman mi‘rāj para sahabat tersebut terjadi berkat bimbingan Rasūl s.a.w. sebagai pemandu, sebagaimana Rasūl sendiri mengalami mi‘rāj berkat bimbingan Jibrīl a.s. dengan idzin Allāh s.w.t.. Dengan kata lain, mereka dibawa mi‘rāj oleh Nabi s.a.w. sebagaimana Nabi dibawa mi‘rāj oleh Jibrīl a.s. dengan idzin Allāh. (Lalu, bagaimana dengan orang-orang mu’min lain yang tidak bertemu dengan Nabi? Siapa yang akan membawa mereka mi‘rāj?).

Hikmah yang dapat diambil dari pengalaman itu adalah bahwa yang bersangkutan pasti menyadari secara ḥaqq-ul-yaqīn bahwa ungkapan al-Qur’ān innā lillāhi wa innā ilaihi rāji‘ūn (kami milik Allāh dan kepada-Nya kami pulang)

فَاذْكُرُوْنِيْ أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَاتَكْفُرُوْنِ. البقرة: ١٥٢
“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (ni‘mat)-Ku.” (Q.S. al-Baqarah: 152).

Ini adalah benar (ḥaqq), dan bahwa mereka ketika hidup di dunia pada hakikatnya sedang berada dalam perjalanan pulang menuju Tuhan, sebuah perjalanan yang sangat sulit dan berliku-liku.

Dengan adanya seorang pemandu, perjalanan itu akan terasa lebih ringan, mudah, dan lancar sehingga tepat sekali ungkapan Rumi yang dikutip sebelumnya, Barang siapa berjalan tanpa pemandu, ia memerlukan dua ratus tahun untuk perjalanan dua hari.