TAREKAT AHLI TAKLIF dan AHLI TA’RIF
(Sekadar Melaksanakan Kewajiban dan Berupaya Mengenal Allah)
مَنْ عَبَّرَ مِنْ بِسَاطِ اِحْسَانِهِ اَصْمَتَتْهُ الْاِسَاءَةُ وَمَنْ عَبَّرَ مِنْ بِسَاطِ اِحْسَانِ اللهِ اِلَيْهِ لَمْ يَصْمُتْ اِذَاأَسَاءَ
“Siapa yg berbicara (mengajar) karena memandang kebaikan dirinya, ia akan berhenti ketika berbuat salah. Namun, siapa yg berbicara karena memandang anugerah Allah padanya, ia tidak akan berhenti ketika berbuat salah.”
Hikmah ini menerangkan tentang orang yg mengajar/memberi nasihat tentang kebaikan dengan merasa bahwa dirinya sudah baik, dan merasa bahwa keterangannya itu hasil dari kebaikannya sendiri (yakni dia masih memandang dirinya sendiri), maka bila suatu saat dia tergelincir dalam dosa, dia akan merasa malu untuk memberi nasihat/mengajar orang lain, akan tetapi bila ia ketika memberi nasihat/mengajarkan ilmu pada orang lain itu hanya memandang bahwa ilmunya itu karunia dari Allah, ia tidak memandang dirinya, maka dia tidak merasa malu untuk menerangkan ilmu/memberi nasihat jika suatu saat ia tergelincir dalam dosa. Sebab berbuat kebaikan itu hanya semata-mata karunia dari Allah.
Syaikh Abul Abbas al-Mursyi ra. berkata: “Manusia itu terbagi menjadi tiga golongan. Pertama: golongan yg selalu memperhatikan apa² yg dari dirinya kepada Allah. kedua: Golongan yg selalu hanya ingat pemberian dan karunia dari Allah kepda dirinya. Ketiga: Golongan yg hanya memandang bahwa semua dari Allah kembali pada Allah.”
Golongan pertama: selalu memikirkan kekurangan diri dalam menunaikan kewajibannya, sehingga selalu berduka cita.
Golongan kedua: selalu melihat semua itu adalah karunia dari Allah, maka ia selalu gembira.
Dan golongan ketiga: telah lupa pada dirinya sendiri, hanya teringat bahwa semuanya berasal dari Allah dan akan kembali kepada Allah, maka semua terserah Allah.
Syaikh Abul Hasan asy-Syadzili ra. berkata: “Pada suatu malam saya membaca surat Qul-a’udzu birobbinnas hingga akhir surat. Tiba² terasa bagiku bahwa: Syarril was-waasil-khonnaas, yg berbisik dalam hati itu ialah yg menyusup antara kau dengan Allah, untuk melupakan engkau dari karunia² Allah, yg halus dan samar, dan mengingatkan engkau pada perbuatan²mu yg jahat/dosa. Tujuannya untuk membelokkan engkau dari khusnudzan kepada su’udzan terhadap Allah. Maka waspadalah.”
Beliau juga berkata: “Seorang ‘Arif itu ialah seorang yg telah mengetahui rahasia² karunia Allah di dalam berbagai macam ujian bala’ yg menimpanya sehari-hari. Dan juga menyadari/mengakui kesalahan²nya di dalam lingkungan belas kasih Allah kepadanya.”
Beliau berkata lagi: “Sedikitnya amal dengan mengakui karunia Allah, itu lebih baik dari banyaknya amal dengan merasa kekurangan diri sendiri. Yakni seolah-olah mempunyai kekuatan sendiri untuk bikin baik, hanya sekarang belum baik, sehingga ia selalu berduka cita memikirkan bagaimana ia dapatnya lebih baik. Padahal seharusnya ia menyerah dan hanya meminta kepada Allah saja.”
Sebab jika Allah belum memberi maka tetap tidak ada perubahan pada dirinya, berdasarkan pengertian ayat:
وَمَنْ يَتَوكـَّلْ عَلَى اللهِ فَهُوَ حَسْبُهُ
Dan siapa yg berserah diri kepada Allah, maka Allah sendiri yg akan mencukupi/ melengkapi kekurangannya.
لَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ
Dan tiada daya upaya atau kekuatan, kecuali atas bantuan dan pertolongan Allah.
Syarah Syaikh Abdullah asy-Syarqawi:
Siapa yg berbicara tentang ilmu satu kaum dan memberitahukannya kepada murid karena memandang kebaikan dirinya atau karena melihat bahwa ungkapannya tentang ilmu itu bersumber dari kebaikan atau amal shalehnya, ia akan berhenti ketika berbuat salah. Ia akan berhenti bicara ketika ia bermaksiat karena malu dengan maksiatnya. Penyebabnya adalah karena ia memandang kebaikan dirinya saat berbicara. Saat kebaikan diri itu hilang, bicaranya pun terhenti.
Namun, siapa yg berbicara karena memandang hamparan kebaikan Allah atau memandang bahwa ungkapan dan pemberitahuannya tentang ilmu itu bersumber dari kebaikan Allah dan tidak memandang diri sendiri, ia tidak akan diam ketika berbuat salah. Ia tidak akan berhenti bicara ketika ia melakukan maksiat. Hal itu dikarenakan sikapnya yg tidak memandang diri sendiri dan hanya melihat keesaan dan kekuasaan Tuhannya, membuatnya berani untuk terus bicara.
تَسْبِقُ أَنْوَارُ الْحُكَمَاءِ أَقْوَالَهُمْ، فَحَيْثُمَا صَارَ التَّنْوِيْرُ وَصَلَ التَّعْبِيْرُ
“Cahaya orang bijak mendahului ucapan mereka. Ketika cahaya terpancar, nasihat itu pun akan sampai.”
Ulama’ ahli hikmah (ahli makrifat) itu bila memberikan nasihat/keterangan akan bisa diterima oleh hati orang yg mendengarkan, sebagaimana tanah yg tandus dan mati yg disirami dengan air hujan yg lebat, lalu orang yg mendengar bisa mengambil manfaat dari nasihatnya, itu semua dikarenakan mereka (‘arifin) selalu berhubungan dengan Allah, dan minta taufiq dan hidayah dari Allah, dan hanya Allah yg mengatur kalimat yg keluar dari perkataannya, dan Allah yg mengatur pendengaran orang yg mendengarkan.
Rasulullah Saw. bersabda:
رَأْسُ الْحِكْمَةِ مَخَافَةُ اللهِ
“Pokok dari segala hikmah itu ialah takut kepada Allah.”
Ulama’ yg tidak takut kepada Allah, adalah ulama’ suu’ (penipu umat). Siapa yg bertambah ilmunya tapi tidak bertambah hidayah imannya, maka tidak bertambah dekatnya kepada Allah, bahkan bertambah jauh.
Allah Ta’ala berfirman:
إنَّمَا يَخْشَى اللهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ
“Sesungguhnya yg benar² takut kepada Allah hanyalah para ulama’.”
Syarah Syaikh Abdullah asy-Syarqawi:
Cahaya orang² bijak atau ‘arif yg mengenal Allah mendahului ucapan mereka. Cahaya orang² ‘arif maksudnya adalah cahaya makrifat mereka, yaitu kekuatan keyakinan mereka bahwa semua perkara ada di tangan Allah dan tiada sekutu bagi-Nya. Jika mereka ingin membimbing seorang hamba Allah dan memberi nasihat kepadanya dengan izin Allah, mereka segera menghadap Allah dan meminta bantuan-Nya untuk mengatur hati hamba itu supaya siap menerima apa yg di nasihatkan kepada mereka. Saat itulah, dari kalbu orang² ‘arif itu akan keluar cahaya yg bersumber dari batin mereka dan sampai ke hati hamba tersebut.
Ketika cahaya masuk ke dalam hati hamba Allah yg ingin di nasihatinya, nasihat dan ungkapan mereka akan mudah diterima oleh hatinya, seumpama bumi tandus yg menerima curah hujan. Dengan begitu, ia akan mendapatkan manfaat yg sempurna dari mereka.
Wallaahu a’lam