26.11.22

Derajat Kewalian Dan Kemursyidan Syekh Mustaqim

Untuk menguraikan tentang kedudukan Syekh Mustaqim sebagai seorang kekasih Alloh SWT yang sekaligus seorang waliyyulloh yang dikaruniai irsyad, barangkali cerita-cerita berikut ini bisa memberikan gambaran yang paripurna dan jelas tentang hal itu.

WALI QUTHUB YANG MASTUR.

Ada seorang pemuda yang berasal dari dukuh Blimbing, desa Jeli, kecamatan Karangrejo, Tulungagung yang bernama Ahmad Baderi. Pemuda Ahmad Baderi ini memiliki hobby berkelana dari satu kyai ke kyai lainnya Mbah Deri, nama panggilan akrab beliau, melakukan pengembaraan itu sudah selama 18 tahun. Sampai-sampai, kelahiran beberapa anak cucunya pun beliau tidak sempat menungguinya.

Pada suatu hari, sampailah langkah kaki Mbah Deri di pondok milik asy Syekh Mbah Kyai Muhammad Dalhar bin Abdur Rohman, Watucongol Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Pada saat Mbah Deri berhadapan dengan Mbah Kyai Dalhar, beliau ditanyai oleh khodimul ma 'had, Mbah Kyai Dalhar, tentang nama, asal muasal, dan tujuan beliau.

Ketika Mbah Dalhar tahu kalau pemuda yang sedang di hadapan beliau itu berasal dari Tulungagung, beliau pun bertanya, "Sampeyan kenal dengan Kyai Mustaqim apa tidak?" Dijawab oleh Mbah Deri, "Inggih, Yai, saya kenal dengan Kyai Mustaqim. Ayah saya adalah salah satu murid beliau."

Mbah Kyai Dalhar kemudian berkata, "Kalau begitu, semestinya sampeyan tidak usah bersusah payah pergi ke mana-mana. Sampeyan cukup berguru kepada Kyai Mustaqim saja. Karena Kyai Mustaqim itu sebenarnya adalah seorang Wali Quthub yang mastur (tertutup atau dirahasiakan). "

Pada perkembangan selanjutnya, Mbah Deri kemudian menjadi murid dan berbai'at kepada Syekh Mustaqim. Beliau merupakan seorang murid yang tekun beribadah, tawadlu' dan taat kepada guru beliau itu. Mbah Deri juga dikaruniai Alloh SWT beberapa kelebihan. Rasa hormat dan kecintaan beliau terhadap guru beliau itu patut kita teladani. Beberapa tahun sebelum beliau wafat, secara istiqomah beliau setiap hari Jumat pagi selalu berziarah ke makam guru beliau, al Mukarrom asy Syekh Mbah Kyai Mustaqim bin Husein, rokhimahulloh, yang terletak di komplek Pondok PETA.

MENCARI MURSYID KAMIL MUKAMIL. 

Pada sekitar tahun 1957, ada seorang kyai dari daerah yang bertetangga dengan kabupaten Tulungagung yang bernama, sebut saja, Kyai Abdullah. Beliau terkenal akan kealiman dan ke-wira'i-annya. Beliau juga memiliki sebuah pondok yang cukup besar dan memiliki banyak santri.

Beliau sudah cukup lama memendam sebuah pertanyaan terkait dengan bunyi bagian akhir dari ayat ke l7 Surat Al Kahfi. Bagian akhir ayat tersebut
berbunyi:

  ۗ  مَنْ يَّهْدِ اللّٰهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ   ۚ  وَمَنْ يُّضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهٗ وَلِيًّا مُّرْشِدًا

Man yah-dillaahu fahuwal muhtadi wa man yudh-lil falan tajida lahuu waliyyan mursyida. 

artinya, "Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Alloh, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tak akan mendapatkan seorang pemimpin pun yang dapat memberi petunjuk kepadanya.

Bagian terakhir dari ayat itu membuat risau hati Kyai Abdullah. Beliau merasa sangat khawatir dan tidak ingin masuk ke dalam golongan orang - orang yang 'disesatkan-Nya'. Oleh karena itu, beliau berketetapan hati untuk "mendapatkan seorang pemimpin yang dapat memberi petunjuk kepadanya (waliyyan mursyida)". Beliau berkesimpulan bahwa 'waliyyan mursyida' itu adalah 'seorang waliyyulloh yang dikaruniai irsyad' kemampuan yang diberikan Alloh SWT untuk membimbing orang lain). Berarti, sosok mulia itu bukanlah sembarang waliyulloh. Pada waktu itu Kyai Abdullah memiliki keyakinan yang kuat bahwa orang yang dimaksud itu pasti ada dan mustahil tidak ada. Pertanyaan yang muncul di hati beliau, adalah 'siapa' dan 'di tempat tinggal orang tersebut.

Beliau lalu berkeliling ke beberapa ulama dan masyayikh untuk menanyakan siapakah gerangan orang yang berkedudukan dan mengemban tugas sebagai 'waliyyan mursyida' pada zaman itu. Bahkan, 'pencarian' beliau itu sampai beliau lakukan pada saat beliau mengerjakan ibadah haji. Dan beberapa ulama dan masyayikh di Indonesia maupun di kota Mekah dan Madinah yang beliau kunjungi, ternyata tidak satu pun dari mereka memberikanjawaban yang bisa melegakan hati beliau.

Setelah cukup lama beliau melakukan 'pencarian' yang melelahkan dan tanpa membuahkan hasil, sementara problem itu semakin mengganggu hati dan pikiran beliau, maka beliau pun akhirnya melakukan 'pencarian mandiri' dengan jalan beristikharoh.

Pada malam harinya beliau mulai melakukan sholat istikharoh. Tapi, ternyata pada malam pertama beliau beristikharoh itu masih 'gelap gulita' tidak membuahkan petunjuk sama sekali. 'Pencarian' pun beliau lanjutkan pada malam berikutnya. Ternyata, pada malam ke dua pun masih belum juga ada 'sinyal'. Demikian pula pada malam ke tiga. Namun, beliau tidak patah semangat. Iskharoh pada malam ke empat sudah mulai menampakkan hasil meskipun masih samar-samar. Malam ke lima sudah mulai agak jelas.

Malam ke enam semakin jelas. Dan, pada malam ke tujuh sudah benar-benar  menujukkan hasil yang terang benderang.

Ternyata, dari rangkaian istikharoh yang beliau lakukan selama seminggu tersebut pada akhirnya menyatakan bahwa orang yang memiliki derajat sekaligus mendapatkan tugas sebagai 'seorang pemimpin yang dapat memberi petunjuk' atau orang yang disebut sebagai 'waliyyan mursyida' pada zaman itu adalah Kyai Mustaqim, Tulungagung.

Begitu mengetahui hasil istikharoh beliau seperti itu, timbul keragu-raguan di dalam hati beliau. "Kyai Mustaqim? Kok, aneh? Bukankah beliau itu dulunya hanyalah seorang pendekar silat? Bukankah pondok beliau itu sekarang hanya kecil saja? Aku juga belum pernah mendengar beliau itu pernah mondok di mana, atau berguru kepada kyai siapa, begitu? Kyai Mustaqim?"

Perasaan was-was itu menggelayuti hati dan pikiran beliau sampai berhari-hari. Sampai pada akhirnya beliau datang ke rumah sahabat karib beliau yang bernama pak Bahtiar Setiono yang bertempat tinggal di desa Katerban, kecamatan Baron, kabupaten Nganjuk. Pada periode 1971-1992 (4 periode berturut-turut), beliau mengemban amanat rakyat sebagai anggota DPRD/DPR RI dari fraksi PPP. Apa alasan Kyai Abdullah menghubungi pak Bahtiar? Hal ini tidak lain karena beliau tahu persis bahwa sahabat beliau itu adalah santri Mbah Kyai Mustaqim.

Dalam pertemuan dengan pak Bahtiar, beliau menceritakan segala hal ihwal tentang bagaimana susah-payahnya beliau mencari sosok 'waliyyan mursyida' sehingga pada hari itu beliau sampai menyempatkan diri untuk bertemu pak Bahtiar. Setelah pak Bahtiar menyimak apa yang diceritakan Kyai Abdullah, beliau kemudian memberikan keterangan dan penjelasan yang panjang lebar tentang Syekh Mustaqim.

Mendapat penjelasan yang lengkap tentang sosok Syekh Mustaqim menjadi legalah hati beliau. Perasaan ragu-ragu beliau terhadap Syekh Mustaqim pun akhirnya menjadi sirna sama sekali. Hati beliau menjadi mantap dan yakin bahwa orang yang ditunjukkan Alloh SWT dalam istikharoh beliau itu adalah memang benar-benar Syekh Mustaqim, Kauman, Tulungagung.

Beliau pun kemudian meminta kepada pak Bahtiar untuk mengantarkan sowan (menghadap) kepada Mbah Kyai Mustaqim.

Pada sowan pertama Kyai Abdullah kepada Syekh Mustaqim bersama pak Bahtiar, beliau selain memperkenalkan diri juga bercerita panjang lebar mulai dari kerisauan beliau tentang bagian akhir ayat ke 17 surat Al Kahfi sampai istikharoh yang beliau lakukan sendiri. Selanjutnya, beliau juga menyampaikan maksud dan tujuan beliau sowan kepada Syekh Mustaqim pada hari itu, yaitu agar Syekh Mustaqim berkenan untuk 'memimpin dan memberi petunjuk ruhani beliau sehingga bisa sampai dengan selamat dan sejahtera ke hadlirat Alloh SWT.

Mendengar apa yang disampaikan Kyai Abdullah, Syekh Mustaqim pun spontan menyampaikan keengganan beliau. Syekh Mustaqim berkata, "Mohon maaf, Yai. Bukannya saya tidak mau, namun saya merasa amat tidak pantas. Bagaimana tidak, panjenengan adalah seorang ulama yang masyur sangat alim, dan wira'i. Panjenengan juga seorang kyai agung yang memilili pondok besar dan santri yang jumlahnya sangat banyak. Sedangkan, saya hanyalah seorang kyai 'langgaran' saja." Kyai 'langgaran', maksudnya ialah kyai yang hanya memiliki sebuah langgar atau surau kecil saja.

Menanggapi penuturan Syekh Mustaqim, Kyai Abdullah pun menjawab"Bukannya begitu, Yai. Meskipun, mungkin, saya lebih terkenal dan memiliki banyak santri dan pondok yang lebih besar dibandingkan panjenengan. Namun, pada kenyataannya, 'jatah' sebagai seorang pembimbing itu dianugerahkan Alloh SWT kepada panjenengan." Kemudian Kyai Abdullah melanjutkan argumentasi beliau sebagaimana yang telah ditulis dalam kitab kitab para salafus sholih tentang kedudukan seorang guru mursyid. Namun, Syekh Mustaqim tetap tidak bergeming. Beliau, dengan segala kerendahan hati tetap enggan dan merasa tidak pantas untuk 'menggurui' seorang Kyai Abdullah. Sementara itu, Kyai Abdullah tetap kukuh meminta kesedian Syekh Mustaqim untuk menjadi mursyid (pembimbing) beliau.

'Perang urat syaraf kedua insan mulia itu berlangsung cukup lama, selalu tiada ketemu ujung pangkalnya. Dan, melihat 'keteguhan' Syekh Mustaqim maka pada akhirnya Kyai Abdullah pun menyerah. Beliau kemudian mohon diri kepada Syekh Mustaqim sekaligus menyampaikan satu harapan mudah-mudahan di lain waktu Syekh Mustaqim hatinya akan luluh.

Selang beberapa waktu kemudian, Kyai Abdullah kembali sowan kepada Syekh Mustaqim dengan tujuan yang sama. Ternyata, Syekh Mustaqim masih tetap pada pendirian beliau. Ujung-ujungnya, Kyai Abdullah tetap tidak mampu meluluhkan hati Syekh Mustaqim. Beliau lalu pulang dengan tangan hampa. Perasaan kecewa pun menggelayuti hati beliau.

Akan tetapi, ternyata jiwa Kyai Abdullah sebagai seorang kyai besar memang benar-benar teruji. Beliau tidak patah semangat. Dalam waktu beberapa hari kemudian beliau kembali sowan kepada Syekh Mustaqim. Beliau tetap meminta agar Syekh Mustaqim berkenan menerima beliau sebagai muridnya. Dan, seperti yang sudah diduga, Syekh Mustaqim ternyata tetap kukuh tidak mau.

Karena Kyai Abdullah sudah merasa mentok dengan upaya beliau, akhirnya beliau matur kepada Syekh Mustaqim, "Ya sudahlah, Yai. Kalau panjenengan tetap tidak berkenan, saya kira tidak mengapa. Itu merupakan hak panjenengan. Namun, mohon maaf sebelumnya, Yai, apabila nanti di kemudian hari saya sampai 'tersesat' (Jawa, kesasar), maka panjenengan harus mau bertanggung jawab. Hal ini karena saya sudah meminta kepada panjenengan sampai 3 kali, namun panjenengan tetap tidak berkenan. Sedangkan,  Panjenengan adalah orang yang pada zaman ini ditugaskan Alloh Ta'ala untuk menjadi pembimbing itu. Kalau sudah seperti itu, kemana lagi saya harus melangkah, Yai?"

Mendengar penuturan Kyai Abdullah, Syekh Mustaqim pun tidak bisa berkelitlagi. Beliau seakan-akan' mati langkah' lantaran terkena 'skak mat' Kyai Abdullah. Maka, dengan tersenyum kemudian beliau berkata, " Baiklah, Yai. Monggo (silakan) lah, kalau begitu. " Dan, sejak saat itu Kyai Abdullah pun 'resmi 'menjadi murid Syekh Mustaqim.

Di lain hari, pasca peristiwa dramatis itu, ada seorang murid Syekh Mustaqim yang mengatakan bahwa 'perlakuan' Syekh Mustaqim terhadap Kyai Abdullah yang seperti demikian itu, di samping untuk menjaga nama besar Kyai Abdullah Juga untuk menguji kesungguhan Kyai Abdullah sebagai seorang kyai yang 'sudah mapan', apakah memang benar-benar beliau masih membutuhkan seorang 'pemimpin yang dapat memberi petunjuk'.

Pada saat sepasang guru-murid min auliyaa'illaahi ta 'alaa itu akan berpisah, Syekh Mustaqim berpesan dan wanti-wanti kepada Kyai Abdullah, "Yai, pertemuan kita di dunia hari ini barangkali adalah merupakan pertemuan kita yang terakhir kalinya. Untuk selanjutnya, panjenengan tidak usah ke sini lagi. Karena, apabila panjenengan tindak (berkunjung) ke sini lagi dan nantinya diketahui santri-santri panjenengan, maka hal itu akan berakibat 'jatuhnya' nama besar panjenengan. Dan, saya minta agar panjenengan merahasiakan serapat-rapatnya sampai kapan pun dan kepada siapa pun tentang hubungan kita ini. Insya Alloh, ini semua sudah cukup, Yai."

Dan, karena Kyai Abdullah adalah benar-benar seorang kyai yang 'allamah dan wira'i, maka beliau pun memegang teguh wasiat guru mursyid beliau itu Sehingga, sampai akhir hayat beliau, bahkan sampai sekarang, tidak pernah terungkap bahwa sebenarnya beliau adalah seorang Syadziliyyin yang berbaiat kepada Syekh Mustaqim, rokhimahulloh.