Di Gelandang Sahabat Empat
Tidak jauh dari pusat kota Tulungagung, tepatnya di sebelah timur laut alun-alun, ada sebuah kelurahan yang bernama Kampungdalem. Di situ bermukim satu komunitas suku Banjar dari Kalimantan Selatan. Sejak sekitar tahun 1940, komunitas itu memiliki majelis ta'lim yang mendaras dan mengkaji berbagai disiplin ilmu agama seperti ilmu fiqih, tasawuf, dan taukhid. Kitab yang sering mereka diskusikan terutama kitab-kitab karya ulama Banjar sendiri seperti "Ad Durrun Nafis" karya Syekh Muhammad Nafis bin Idris al Banjari (1735-1812) dan "Sabilal Muhtadin" buah pena Syekh M. Arsyad bin Abdullah al Banjari (Datu Kalampayan) (l710-1812).
Dalam perkembangannya, sampai sekitar tahun 1958, sebagian besar dari mereka, terutama para tetua majelis ta'lim itu, pada akhirnya menjadi murid dan berbai'at kepada Syekh Mustaqim. Hanya beberapa orang saja yang masih enggan mengikuti jejak saudara saudara mereka. Di antara yang masih enggan itu, ada salah seorang habaib yang bernama Habib Salim bin Segaf Assegaf. Beliau berpendapat bahwa dengan mendalami dan memahami kitab - kitab yang biasa mereka kaji, terutama kitab ''Ad Durrun Nafis, itu sudah lebih dari cukup.
Selain itu, beliau juga memiliki fanatisme dan kebanggan tersendiri terhadap ulama-ulama Banjar yang hidup pada zaman itu. Bahkan, beliau juga sudah menjalani thoriqot Alawiyah yang beliau peroleh sejak beliau masih bermukim di Banjarmasin. Sebenarnya, rekan-rekan semajelis beliau sudah seringkali mengajak beliau untuk sowan kepada Syekh Mustaqim. Namun, beliau tetap tidak bergeming.
Sehingga, sampai pada suatu malam beliau bermimpi. Dalam mimpi itu, beliau merasa seakan-akan 'dipaksa' untuk sowan kepada Syekh Mustaqim. Ketika itu, beliau merasa dipaksa dan 'digelandang' oleh 4 orang sahabat Rosululloh SAW. Tangan kanan beliau dipegangi (Jawa, digujer) oleh Sayyidina Abu Bakar dan Sayyidina Umar, rodliyallohu 'anhuma. Sementara, tangan kiri beliau digujer oleh Sayyidina Usman dan Sayyidina Ali rodliyallohu 'anhuma. Beliau merasa 'digelandang' sampai di depan pintu gerbang Pondok Kauman.
Pada keesokan paginya, beliau langsung ke rumah salah seorang sahabat majelis ta'lim beliau yang sudah terlebih dahulu menjadi 'murid Kauman' untuk agar beliau diantarkan sowan kepada Syekh Mustaqim.