29.11.22

Kisah Bergurunya KH. Abdul Wahid Zuhdi

  Almaghfurlah K.H. Abdul Wahid sejak usia anak-anak dikaruniai Alloh SWT kecerdasan yang luar biasa. Sewaktu menempuh pendidikan di MI beliau sering loncat kelas. Pada usia kira- kira 10 tahun beliau sudah sering menyendiri di dalam kamar. Di luar dugaan, pada saat menyendiri itu ternyata beliau menulis sebuah kitab tentang ilmu tauhid, meskipun setelah dikoreksi ternyata masih terdapat kesalahan. Namun, hal itu wajar bagi seorang anak seusia beliau waktu itu.

Setelah itu, oleh kedua orang tuanya, beliau dipondokkan kc PP Al Anwar, Sarang, Rembang, asuhan K.H. Maemun Zubair. Ketika nyantri di pondok Sarang, beliau mengemban amanah sebagai Ro’is Am dalam usia 17 tahun. Selanjutnya, beliau meneruskan pendidikannya ke Makkah al Mukarromah. Di antara guru-guru beliau adalah Sayyid Muhammad bin Alawy al Maliky al Hasaniy, Syekh Muhammad Yasin al Fadaniy al Makky, Syekh Ismail Zain a1 Khadhramy al Yamaniy, dan Syekh Abdullah al Lahjiy.

Singkat cerita, sepulang dari Mekkah, beliau lalu menikah dengan puteri Kyai Muhammad Muslih, Bandungsari, Purwodadi, Jawa Tengah. Sepeninggal Kyai Muslih, maka kepemimpinan pondok pun beralih ke tangan beliau. Di bawah kendali beliau, pondok pun mengalami perkembangan yang pesat. Ketika pohon semakin tinggi, maka angin pun semakin keras menerpa beliau. Ilmu kyai Wahid dikatakan hanya berupa kulit atau syari’at saja.

Nah, sekitar tahun 1992, beliau mulai mencari guru pembimbing ruhani. Beliau berprinsip bahwa guru yang akan membimbing ruhani beliau haruslah benar-benar memiliki ilmu yang mumpuni. Karena, seseorang yang terjun ke dalam ilmu hakekat, maka dia harus memasrahkan jiwa raganya secara total kepada sang pembimbing. Si murid harus meletakkan (Jawa, nyelehne) ilmu dan akalnya. Tak terbayangkan bagaimana celakanya apabila si mursyid memiliki ilmu yang tanggung. Khawatirnya, terlanjur diikuti ternyata salah arah.

Maka, setiap mendengar ada seorang mursyid sebuah thoriqot oleh Kyai Wahid pun langsung dikunjungi untuk diukur kemampuannya dalam menguasai ilmu al Qur’an, al Hadits, dan kitab-kitab. Pencarian selama 2 tahun lebih itu pun tidak membuahkan hasil. Akhimya, dari perjalanan beliau mencari seorang mursyid itu, beliau memperoleh informasi bahwa mursyid yang beliau cari itu berada di Tulungagung.

Selang berapa hari kemudian, beliau lalu sowan kepada asy Syekh. Pada kedatangannya yang pertama itu beliau tidak langsung ditemui asy Syekh. Cukup lama beliau menunggu. Pada malam harinya, barulah asy Syekh berkenan menemui beliau. Pertemuan pertama itu pun tidak tanggung-tanggung, sejak ba’da Isya’ sampai Shubuh. Pada waktu semalam suntuk itu, beliau dibuat asy Syekh tidak bisa berkutik sama sekali. Bagai. mana tidak, materi pertanyaan yang sudah beliau persiapan untuk ‘bahan uji kompetensi’, sebelum beliau sampaikan, semuanya sudah dijawab satu persatu oleh asy Syekh dengan uraian yang membuat beliau terkagum-kagum.

Selain itu, ada satu hal yang asy Syekh sampaikan dan itu membuat beliau terkejut. Asy Syekh mengatakan bahwa seyogyanya seseorang yang sedang beribadah kepada Alloh SWT itu menutupi aurodnya, termasuk ketika berwudlu. Yang membuat beliau terkejut adalah, secara logika dan etika hal itu adalah benar. Akan tetapi, selama ini beliau belum pemah mendapati ‘ketidakpantasan’ itu tertulis di al Qur’an, al Hadits, maupun di kitab-kitab, sehingga selama itu pula beliau melakukan hal itu. Setelah menyimak penuturan asy Syekh, beliau pun berpikir, “Wah, ini kalau bukan ilmu langsung dari Alloh pasti tidak mungkin.” Oleh karena itulah, setiap beliau mengaji tentang bab wudlu, selalu beliau katakan bahwa ‘ketidakpantasan’ itu dalilnya adalah ‘qoola Kyai Djalil’.

Sejak pertemuan pertama itu beliau benar-benar sudah ‘jatuh hati’ kepada asy Syekh. Sehingga, pada perternuan berikutnya beliau minta kepada asy Syekh untuk dibai’at. Namun, asy Syekh tidak langsung mengiyakan. Asy Syekh malah berkata, “Ya sebaiknya sampeyan istikharohi dulu, Kyai Wahid.” Beliau pun matur kepada asy Syekh, “Tidak, Yai, saya sudah mantap.”

Sejak beliau berguru kepada asy Syekh, beliau semakin tahu kedalaman ilmu asy Syekh. Sifat-sifat asy Syekh sebagai seorang guru mursyid sebagaimana yang ditulis di kitab-kitab, semuanya asy Syekh miliki secara sempuma. Pernah, pada suatu hari beliau mendengar anak-anak pondok sedang melantunkan sholawat Barzanji (Jawa, Berjanjen) dengan iringan suara bangku dipukul-pukul. Mendengar itu, beliau pun berkata kepada salah satu ustadz pondok, “Dengan hanya dengan memukul-mukul bangku saja sudah kedengaran enak, apalagi kalau dengan rebana (Jawa, terbang). Ya nantilah kalau kita punya uang,mereka kita belikan rebana.”

Bee... belum sampai seminggu, temyata asy Syekh mengirimkan satu setel rebana ke pondok beliau. Selang beberapa hari kemudian, beliau sowan ke Tulungagung untuk mengucapkan terima kasih. Setelah asy Syekh menyimak cerita beliau, asy Syekh pun berkata bahwa meskipun anak-anak pondok mengunakan tetabuhan seadanya, namun hati mereka benar-benar ikhlas dan diliputi rasa makhabbah kepada Rosululloh SAW. Kata asy Syekh selanjutnya, “Pada waktu itu Rosululloh hadir, Kyai Wahid".

Dalam perkembangan berikutnya, Kyai Wahid kemudian mensyi’arkan thoriqot Syadziliyah di kabupaten Grobogan, Blora, dan Demak. Da’wah beliau mendapat sambutan positif dari masyarakat. Dalam waktu singkat beliau sudah mengantarkan bai’atan thoriqot Syadziliyah kepada asy Syekh tidak kurang dari 7.000 orang. Dalam melakukan pembinaan terhadap para jamaahnya, beliau mengadakan pengajian secara berkala. Semua kegiatan yang terkait dengan pembinaan jamaah, dalam hal pembiayaan, selalu beliau usahakan sendiri.

Ada satu cerita ketika Kyai Wahid mengantarkan bai’atan jamaah beliau. Pada waktu masih di perjalanan, beliau membatin, “Kenapa sih, bai’atan kok pakai mahar segala?” Setelah tiba di pondok, pada saat salaman dengan asy syekh, asy Syekh berkata, “Kyai Wahid, dulu kalau Rosululloh membai’at Para sajabat, juga memakai mahar.” Kyai Wahid pun matur, "Inggih, Yai, nyuwun pangapunten. ”

Di samping sehari hari beliau mengasuh santri dan membina jamaah thoriqot, beliau juga aktif di PWNU Jawa Tengah sebagai Wakil Rois Am Syuriah. Beliau wafat pada tanggal 10 Juni 2008 dalam usia 49 tahun.