Menapaki Kehidupan Rumah Tangga
Sementara itu, setiap beliau pulang ke Tulungagung dari Malangbong Syekh Mustaqim pun masih tetap ngawula dan mengaji kepada Mbah Kyai Zarkasyi. Sampai akhirnya, pada tahun 1924 Syekh Mustaqim, yang pada waktu itu berusia 23 tahun, dinikahkan oleh Mbah Kyai Zarkasyi dengan puteri Mbah Haji Rois yang bernama Mbah Nyai Halimatus Sa'diyah. Lokasi rumah Mbah Haji Rois terletak di mana Pondok PETA sekarang berada. Pasangan Mbah Haji Rois dan Mbah Nyai Khodijah dikaruniai 2 orang anak, yaitu Mbah Kyai Sholeh Sayuti dan Mbah Nyai Halimatus Sa'diyah.
Tidak berapa lama setelah Mbah Mustaqim dan Mbah Nyai Sa'diyah menikah, beliau berdua dikaruniai 2 orang anak. Namun, keduanya meninggal ketika masih di dalam kandungan. Kemudian, pada hari Sabtu Pon tanggal 10 Juli 1926 (29 Dzulhijjah 1344 H.)
Mbah Nyai Sa'diyah melahirkan seorang anak perempuan yang kemudian diberi nama lbu Nyai Thowilah Sumaranten. Berikutnya, pada hari Rabu Pon, tanggal 4 Juli 1928 (15 Muharam 1347 H), Mbah Nyai Sa'diyah kembali melahirkan seorang bayi laki-laki yang diberi nama Mongin. Di kemudian hari, putera beliau itu berganti nama menjadi Romo K.H. Arif Mustaqim.
Mbah Kyai Sholeh Sayuti, kakak kandung Mbah Nyai Sa'diyah, dikenal masyarakat Tulungagung sebagai seorang Waliyulloh. Beliau biasa disapa dengan julukan Mbah Wali Sayuti. Beliau dikaruniai postur tubuh yang menarik, berkulit kuning langsat, dan berwajah tampan.
Pada usia muda, Mbah Sholeh Sayuti memiliki prilaku yang oleh orang tua beliau dikira menderita gangguan jiwa. Padahal, itu adalah sebuah kejadian yang dinamakan jadzab atau majdzub. Prilaku bak orang gila itu tentu saja sangat merisaukan hati Mbah H. Rois dan Mbah Nyai Khodijah. Berbagai upaya pengobatan pun beliau tempuh demi sang putera tercinta. Sehingga, tak terasa, asset berupa tanah pekarangan yang cukup luas, termasuk yang sekarang deretan toko-toko di Barat sungai Jenes (sebelah selatan jalan) sampai perempatan barat pondok ke Selatan, sedikit demi sedikit, pada akhirnya ludes terjual. Namun, ternyata 'penyakit' Mbah Sholeh Sayuti itu tetap tak tersembuhkan.
Beberapa bulan sebelum tentara Jepang datang dan menjajah bumi Nusantara, Mbah Wali Sayuti sudah memberikan isyarat kepada masyarakat. Beliau, dengan mengenakan jubah berwarna hijau dan berkepala plontos, selama beberapa hari sejak pagi sampai sian g berdiri di depan pintu gerbang Pondok PETA dengan menyedekapkan kedua tangan beliau seraya menghadap dan memandang ke arah matahari. Prilaku 'aneh' beliau ini sempat menjadi tontonan masyarakat Tulungagung, termasuk ayahanda penulis sendiri.
Demikian pula ketika beberapa minggu sebelum kota Tulungagung dilanda banjir besar, Mbah Wali Sayuti memberi isyarat kepada masyarakat Tulungagung dengan menaiki rakit (Jawa, gethek) kecil, mondar-mandir di sungai Jenes yang terletak persis disebelah Timur Pondok PETA.
Mbah Kyai Sholeh Sayuti selama beberapa tahun menjalani uzlah di dalam kamar beliau. Syahdan, pada waktu beliau menjalani uzlah itu beliau sering mendapatkan kunjungan Nabiyyulloh Khidlir, 'alaihis salam.
Sebagai seorang suami, Syekh Mustaqim menunjukkan tanggung jawab yang besar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi keluarga beliau. Pada tahun pertama sampai ke tiga usia pernikahan beliau, beliau yang berlatar belakang keluarga yang amat sangat sederhana, sampai-sampai pemah berjualan daun pisang dan mencari rumput. Pernah pada suatu ketika beliau bermaksud menyetorkan rumput yan beliau tuai kepada seseorang. Namun, oleh orang tersebut rumput itu disuruh meninggalkan saja tanpa menggantinya dengan uang. Orang tersebut mengatakan. "Sudah Qim, rumputnya kamu taruh dan tinggalkan di siti saja kita kan teman sendiri, to?" Mendengar kata-kata orang itu, beliaupun meng-iya-kan kemudian beliau berlalu begitu saja. Alhasil, setelah bekerja seharian, beliau pulang tanpa membawa uang sepeser pun. Demikian pula hal serupa pernah beliau alami ketika beliau 'bermaksud' berjualan daun pisang. Keadaan semacam itu tidak hanya berlangsung 1-2 kali saja, namun sudah berulang kali terjadi. Melihat 'keluguan' beliau yang seperti itu, sampai-sampai keluarga mertua beliau pun menjadi geregetan (Jawa, anyel) dan ikut-ikutan jengkel kepada beliau. Namun, sejauh itu beliau hanya diam, diam. dan diam saja. Akan tetapi, setiap kali beliau mendapat 'serangan' dari keluarga mertua beliau, paman tiri beliau yang bernama Mbah Kyai Sholeh bin Abdul Jalil cancut taliwondo (Indonesia, dengan segenap kemampuan) dan pasang badan, serta mati-matian membela beliau.
Pada tahun-tahun berikutnya, mata pencaharian beliau pun sedikit meningkat, agak lebih 'bergengsi'. Beliau pemah bekeija sebagai tukang potong rambut dan tukang mengesol (menservis) sepatu dan sandal. Pernah pula beliau berjualan tembakau. Sekitar tahun 1928 beliau pernah membuka toko yang terletak di sisi barat gerbang Pondok PETA yang diberi nama toko "Bintang Sembilan". Barangkali, nama toko beliau itu terinspirasi dari lambang 9 bintang yang terdapat di lambang jam'iyyah "Nahdlatul Ulama" yang lahir pada tanggal 31 Januari 1926.
Di toko itu pula, sahabat sekaligus murid silat beliau yang bernama Mbah Slamet ikut membuka usaha sebagai tukang servis jam. Di kemudian hari, Mbah Slamet ini termasuk murid terkemuka beliau. Romo Kyai Abdul Djalil menyebut Mbah Slamet Muhammad Nur ini sebagai 'mutiaranya' Syekh Mustaqim.
Namun, dari berbagai usaha yang beliau jalani itu, penghasilannya sangat sedikit sekali. Bahkan, untuk untuk menutupi biaya hidup sehari-hari saja sering kali tidak mencukupi. Kehidupan ekonomi rumah tangga yang sangat sederhana, bahkan cenderung memprihatinkan, itu beliau jalani bersama Mbah Nyai Sa'diyah selama bertahun-tahun usia pernikahan beliau berdua.
Selama pernikahan Mbah Kyai Mustaqim dengan Mbah Nyai Sa'diyah beliau berdua dikaruniai 16 orang anak. Namun, dari semua itu, ada 9 orang anak yang meninggal dunia ketika masih dalam kandungan dan masih bayl
Di antara 9 orang anak yang meninggal pada usia balita dan miskram itu, 4
orang di antaranya berhasil diketahui namanya. Sedangkan 5 orang lainnya ), tidak diketahui namanya. Empat orang yang diketahui namanya itu ialah:
- Muhsin,
- Yasin,
- Mar'atun,
- Hanson Athlab.
Nama yang disebut terakhir, Hanson Athlab, bagi Syekh Mustaqim memiliki kesan tersendiri. Putera Syekh Mustaqim ini memiliki keanehan pada garis telapak tangannya. Garis telapak tangan kanan beliau bermotif biasa seperti pada umumnya. Namun, garis telapak tangan kiri beliau bermotifkan garis kotak-kotak. Hanson Athlab meninggal pada usia sekitar 5 tahun. Wafatnya putera beliau ini, dalam beberapa waktu, meninggalkan duka yang cukup dalam bagi Syekh Mustaqim.
Sementara itu, dari 7 orang putera-puteri yang diizinkan Alloh SWT untuk beliau berdua asuh sampai dewasa, ialah:
- Almaghfurlaha Ibu Nyai Thowilah Sumaranten Mustaqim,
- Almaghfurlah Bpk. K.H. Arif Mustaqim,
- Almaghfurlah Bpk. K.H.Abdul Ghofur Mustaqim,
- Almaghfurlaha Ibu Nyai Hj.Anni Siti Fatimah Mustaqim
- Almaghfurlah Bpk. Kyai Ali Murtadlo Mustaqim,
- Almaghfurlah asy Syekh Abdul Djalil Mustaqim,
- Ibu Nyai Hj. Siti Mahfiyah Mustaqim.