26.11.22

Mencari Mursyid Thoriqot Syadziliyah

  Sekitar tahun 1957, seorang warga kelurahan Kampungdalem yang bernama Mbah H. Ahmad Sirri berusaha mencari masyayikh atau guru mursyid yan bisa membimbing ruhani beliau menuju ke hadirat Alloh SWT. Upaya beliau mencari orang yang dimaksud sudah sampai ke mana-mana. Namun, sampai beberapa tahun berlalu, beliau belum pula menemukan titik terang. Sampai pada akhirnya, beliau mendengar ada seorang ulama Banjar, Kalimantan Selatan, yang pada waktu itu sempat bermukim sebentar di Surabaya.

Ulama itu bernama KH. Seman Mulia bin Muhammad Sholeh al Banjari atau lebih terkenal dengan sapaan Guru Seman. Beliau adalah paman sekaligus guru dari ulama Banjar yang kharismatik, KH. Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Ijai, Martapura, Kalimantan Selatan. Makam Guru Ijai di komplek musholla 'Ar Raudhoh' di Sekumpul, Martapura, berdampingan dengan ibunda dan dua guru beliau, Guru Seman dan Guru Salman Jalil. Guru Seman, selain dikenal sebagai seorang ulama yang allamah juga diyakini oleh kebanyakan orang Banjar sebagai seorang waliyulloh.

Demi mendengar kalau Guru Seman sedang berada di Surabaya, maka datanglah Mbah H. Ahmad Sirri ke kediaman beliau. Kepada Guru Seman beliau menyampaikan agar beliau diajari amalan yang bisa mendekatkan din kepada Alloh SWT. Maka, oleh Guru Seman beliau lalu diberi ijazah sebuah khizib. Mengetahui yang diberikan adalah sebuah khizib, maka beliau mengatakan bahwa bukan itu yang beliau maksud. Beliau mengatakan bahwa beliau ingin diberi amalan thoriqot Syadziliyah sebagaimana yang beliau cari selama ini.

Mendengar penuturan beliau, Guru Seman pun tertawa. Guru Seman mengatakan kalau itu yang beliau minta, maka Guru Seman tidak bisa memberikan. Guru Seman mengatakan, "Sebenarnya, aku juga 'memakai' thoriqot itu (thoriqot Syadziliyah). Tapi, itu hanya boleh aku pakai sendiri. Aku tidak  punya hak untuk  memberikan kepada orang lain. Mendengar kalau , orang yang sedang berada di hadapan beliau memiliki thoriqot  Syadziliyah, maka beliau pun lalu mengejarnya. Beliau benar-benar memohon  untuk diberi ijazah thoriqot itu. Namun, Tuan Guru Seman tetap tidak mau memberikan. Bahkan, bahasa yang beliau sampaikan kepada Guru Seman pun sudah sampai pada tahap 'memaksa'. Sampai-sampai, beliau mengatakan 'bakhil' (pelit) kepada Guru Seman. Mbah H. Ahmad Sirri mengatakan seperti itu, selain beliau sebenarnya juga tergolong orang alim dan kritis, juga karena usia beliau berdua tidak terpaut jauh.

Akhirnya, Guru Seman kemudian memberikan ijazah sebuah Wirid kepada beliau dengan tujuan agar beliau diberi petunjuk Alloh Ta'ala untuk bisa Segera dipertemukan dengan masyayikh yang memiliki kewenangan mengajarkan thoriqot Syadziliyah. Guru Seman mengatakan, "Sudahlah, Ji, ikam amalakan aja wirid ini, insya Alloh kena dalam waktu 40 hari ikam handak badapat lawan urang nang ikam maksudakan. " (Sudahlah, Ji, kamu amalkan saja wirid ini, insya Alloh nanti dalam waktu 40 hari kamu akan bertemu dengan orang yang kamu maksud).

Tepat pada hari yang ke 40, siang itu beliau kebetulan sedang menghadiri Undangan Walimatul Urs salah seorang kerabat beliau yang rumahnya di Sebelah Selatan Masjid Agung Al Munawwar (belakang Kantor Pos atau sebelah Timur Pondok PETA). Ketika duduk di majelis walimah itu, beliau bersebelahan dengan Mbah H. Syamsul Bahrun yang rumahnya bertanggaan dengan beliau. Pada saat acara berlangsung, ndilalah, melintaslah Syekh Mustaqim berjalan menuju ke dalam rumah shohibul hajat. Ketika itu, Mbah H. Syamsul berbisik kepada beliau sambil menunjuk ke arah Syekh Mustaqim, "Mad, itu loh 'kyai besar', namanya Kyai Mustaqim Tapi, dia itu pendekar."

Begitu Mbah H. Ahmad Sirri mendengar nama 'kyai Mustaqim disebut Mbah H. Syamsul, tiba-tiba beliau merasakan suatu gelora jiwa yang sangat luar biasa. Beliau merasakan seakan-akan hatinya tersedot magnet yang maha dahsyat dari sebuah nama yang sangat indah, 'Kyai Mustaqim'. Perasaan senang, gembira, terharu, ingin menangis, dan bingung membuncah bercampur aduk menjadi satu. Aneh bin ajaib, saat itu juga beliau merasakan benar-benar falling in love' (jatuh cinta) pada pandangan penama kepada 'Sang Pendekar'

Setelah itu, tanpa sungkan-sungkan lagi, Mbah H. Ahmad Sirri langsung menyusul masuk ke dalam rumah shohibul hajat. Beliau lalu bersalaman dengan Syekh Mustaqim dan mengambil tempat duduk di sebelah beliau. Di tengah-tengah acara walimah itu, Mbah H. Ahmad Sirri memperkenalkan diri dan berbincang-bincang dengan Syekh Mustaqim.

Setelah acara usai, pada saat para tamu akan pulang, Mbah H. Ahmad Sirri mohon izin kepada Syekh Mustaqim untuk sowan kepada beliau. Syekh Mustaqim pun menimpali dengan mengatakan, "Ouw… monggo (silakan) kalau ingin berkunjung sewaktu-waktu, saya persilakan."

Sesampai di rumah, beliau merasakan sudah tidak sabar lagi untuk segera sowan kepada Syekh Mustaqim. Selepas sholat Maghrib, beliau bergegas menuju ke Pondok Kauman. Dalam pertemuan dengan Syekh Mustaqim itu, beliau banyak memperoleh keterangan berbagai hal, terutama yang berkaitan dengan thoriqot Syadziliyah. Setelah itu, beliau mengatakan kepada  Syekh Mustaqim, "lnggih Yai, kulo nderek panjenengan." (Ya Yai, saya ikut  panjenengan). Kemudian Syekh Mustaqim bertanya, "Apakah sampeyan masih menginginkan
"Terserah panjenengan Yai , saya ngikut saja. "

Lalu Syekh Mustaqim berkata,
" Baiklah Ji ( pangilan Haji kepada beliau). Kalau begitu, saat ini konco-konco (Syekh Mustaqim menyebut murid-murid beliau dengan kata 'teman-teman') sedang menjalankan suluk thoriqot Syadziliyah selama 41 hari. Hari ini, mereka sudah berpuasa pada hari yang ke 40. Besok merupakan hari yang ke 41. Sampeyan ikut puasa yang hari  terakhir itu saja." Maka, jadilah malam itu beliau langsung 'masuk asrama' ing atau suluk selama '41 hari' yang hanya beliau jalani sehari saja alias dapat 'discount' 40 hari.

Pada perkembangan berikutnya, banyak 'konco-konco' Banjar Kampung dalem yang mengikuti jejak Mbah H. Ahmad Sirri, berbaiat kepada Syekh Mustaqim, seperti: Mbah H.Syamsul Bahrun, Mbah H.Husin Hamid, Mbah Habib Salim bin Segaf Assegaf, Mbah Jalal Kepatihan, Mbah H.Husein Abdullah, Mbah H.Abdullah, dan lain-lain.

Selain Mbah H. Ahmad Sirri, 'konco Banjar' lainnya yang juga pernah mendapat privilege atau keistimewaan dari Syekh Mustaqim adalah Mbah H. Husin Hamid. Beliau, setelah berbai ’at thoriqot Syadziliyah, oleh Syekh Mustaqim langsung disuruh mengimami khushusiyah. Dan, dalam perkembangan selanjutnya, beliau tercatat sebagai salah satu imam khushusiyah di Pondok PETA. Dalam menjalankan tugas sebagai imam khushusiyah, Mbah H. Husin dikenal sebagai 'imam khushusiyah killer'. Bagaimana tidak, setiap beliau mengimami khushusiyah, beberapa makmumnya terpaksa harus 'tumbang' lantaran tidak kuat, saking lamanya.

Namun, sekitar 1-2 tahun sebelum pertemuan antara Mbah H. Ahmad Sirri dan Syekh Mustaqim, yang pada akhirnya mempertemukan pula warga Banjar Kampungdalem dengan Syekh Mustaqim itu, mereka sebenarnya pernah berupaya mencari seorang guru mursyid yang kamil mukamil. Sudah banyak para habaib dan masyayih yang mereka datangi, namun, barangkali, masih belum 'ketemu jodoh'. Akhirnya, mereka datang kepada Habib Abubakar bin Muhammad Assegaf, rokhimahulloh, Gresik. Pada masa itu beliau oleh para ulama dan habaib diyakini memiliki maqom agung sebagai seorang al Quthub al Ghouts. Tidak sedikit murid-murid beliau yang mampu mencapai derajat auli'ulloh. Beliau wafat pada hari Ahad malam Senin, tanggal 14 Juli 1957/ 17 Dzulhijjah 1376 dalam usia 91 tahun. Beliau dimakamkan di komplek masjid Agung, Gresik, berdampingan dengan al Quthub al Habib Alwy bin Muhammad Hasyim Assegaf.

Ketika bertemu dengan Habib Abubakar, orang-orang Kampungdalem itu menyampaikan maksud dan tujuan mereka sowan kepada beliau. Mereka mengatakan bahwa mereka mencari seorang guru mursyid. Mendengar penuturan mereka, maka Habib Abubakar pun berkata, “Kenapa antum mencari mursyid sampai jauh-jauh ke sini, sedangkan tidak jauh dari daerah antum sendiri ada seorang mursyid yang kamil mukamil.” Namun, beliau tidak mau menjelaskan secara detail sosok yang beliau maksudkan.

Oleh karena itulah, peristiwa yang dialami Mbah H. Ahmad Sirri itu mereka anggap sebagai jawaban tentang keberadaan guru mursyid, seperti yang dikatakan Habib Abubakar. Selama itu mereka memang tidak menyangka kalau sosok mursyid yang kamil mukamil itu adalah Mbah Kyai Mustaqim tetangga mereka sendiri. Bagaimana tidak, sampai tahun 1957 itu beliau masih terkenal sebagai seorang pendekar. Padahal, beliau sendiri sebenarnya sudah 'pensiun' dari dunia persilatan sejak belasan tahun berlalu.