Menjalani Berbagai Sholat Sunnah
Asy Syekh pernah berkata bahwa sejak masih berusia belasan, beliau sudah gemar dan istiqomah menjalani sholat-sholat sunnat. Sholat-sholat sunnat yang biasa asy Syekh jalani setiap hari, antara lain:
a). Sholat sunnat Rowatib.
Asy Syekh sangat mengutamakan sholat-sholat Rowatib, yaitu sholat-sholat sunnat yang dilakukan sebelum (qobliyah) dan sesudah (ba 'diyah) mengerjakan sholat fardlu. Sholat sunnat Rowatib ada yang berderajat muakkad dan ghoiru muakkad. Yang dimaksud muakkad adalah hampir dipastikan Rosululloh SAW tidak pernah meninggalkannya. Sedangkan, ghoiru muakkad kadang-kadang Rosulullooh SAW tidak mengerjakannya. Namun, asy Syekh tidak pernah membedakannya apakah itu muakkad atau ghoiru muakkad. Semuanya beliau anggap muakkad. Sehingga, beliau selalu menjalankan sholat sunnat Rowatib itu, sebagai berikut:
- 4 rokaat (2 salam) sebelum sholat Dhuhur,
- 4 rakaat (2 salam) sesudah sholat Dhuhur,
- 4 rokaat (2 salam) sebelum sholat Ashar,
- 2 rokaat (1 salam) sesudah sholat Maghrib,
- 2 rokaat (1 salam) sebelum sholat Isya”,
- 2 rokaat (1 salam) sesudah sholat Isya’, dan
- 2 rokaat (1 salam) sebelum sholat Shubuh.
Tentang sholat qobliyah Maghrib yang sering menjadi perdebatan, asy Syekh pernah mengatakan kepada penulis bahwa beliau memilih untuk tidak mengerjakan sholat qobliyah Maghrib karena waktu Maghrib sangatlah pendek.
Asy Syekh sangat menjaga keistiqomahan beliau dalam menjalankan sholat-sholat sunnat Rowatib tersebut. Bahkan, pada saat beliau sedang melakukan perjalanan jauh pun. Seperti yang telah kita maklumi bahwa bagi seorang musafir sebenarnya ada keringanan (rukhshah) untuk menjama' dan mengqoshor sholat fardlunya. Namun, beliau tidak pernah mau.
Meskipun dalam perjalanan jauh, asy Syekh memilih untuk mengerjakan sholat-sholat fardlu beliau seperti ketika beliau di rumah. Barangkali itu karena beliau tidak ingin kehilangan “kesempatan emas" mengerjakan sholat-sholat sunnat rowatib beliau. Asy Syekh selalu berpesan kepada driver (sopir) yang mengiringkan beliau untuk berhenti di masjid apabila tiba saatnya waktu sholat fardlu.
b). Sholat sunnat Fajar.
Menurut keterangan asy Syekh, sholat sunnat Fajar yang beliau amalkan sejak sebelum beliau mondok adalah sholat sunnat 2 rokaat (1 salam) yang dikerjakan kira-kira dalam kurun waktu 10 menit sebelum masuk waktu Shubuh. Asy Syekh pernah mengatakan kepada penulis bahwa ketika bedug Shubuh sudah ditabuh pun, asal adzan Shubuh belum sampai dikumandangkan, agar segera cepat-cepat mengerjakan sholat sunnat Fajar.
Hampir bisa dipastikan, apabila asy Syekh sedang tidak dalam keadaan terpaksa, misalnya pada saat dalam perjalanan, beliau setiap hari selalu mengamalkan sholat sunnat Fajar ini.
Pernah pada suatu hari asy Syekh kelewatan tidak mengerjakan sholat sunnat yang sangat beliau istimewakan ini. Hal itu bukan karena sebuah kesengajaan. Asy Syekh mengatakan bahwa beliau “terpaksa” tidak menjalankan sholat sunnat Fajar pada hari itu karena sedang "keasyikan" berbincang-bincang (Jawa, jagongan) dengan khodamnya ayat Kursyi.
ASy Syekh menggambarkan bahwa wujud khodam ayat Kursyi Itu laksana butiran-butiran berlian yang gemerlapan dan sangat indah sekali. Dan, setelah sang tamu agung tersebut memohon diri dan berlalu dari hadapan asy Syekh, ternyata telah berlalu pula kesempatan beliau mengerjakan sholat sunnat Fajar.
Setelah sholat sunnat Fajar, doanya yaitu :
"AIIoohumma robbi Jibriila wa Mikaa-iila wa Isroo-fiila wa ‘Izroo-iila wa Mukhammadin shallallaahu 'alaihi wa sallam, Ajirni'i minan naar X3. Alloohumma inna nas-aluka ‘ilman naa-fi ’a wa rizqon
waasi 'a wa "amalan mutaqobbala"
(apabila hari Jumat ditambah istighfar 3X).
c. Sholat sunnat Dluha.
Setiap hari asy Syekh berusaha untuk selalu menjalankan sholat sunnat Dlukha, bahkan ketika beliau dalam safar (perjalanan) sekali pun. Berdasarkan penuturan bpk. H. Muhajirin (pak Jirin, Botoran), setiap asy Syekh sampai di rumah Kandenan (rumah bu Nyai Masruroh), tidak lama kemudian beliau lalu menyuruh para penderek beliau, yaitu pak Jirin, pak Wahono (alm.), pak Akhsin (alm.), dan kang Zein untuk beristirahat di musholla yang berada di seberang jalan. Setelah mereka berlalu, asy Syekh kemudian masuk ke dalam kamar.
Pada awalnya mereka tidak tahu mengapa kok sering begitu. Sebenarnya di dalam hati mereka, termasuk ayah mertua asy Syekh (bpk. Sapuan, alm.) merasa penasaran juga dan ingin tahu apa yang asy Syekh kerjakan di dalam kamar beliau. Semula mereka mengira kalau di dalam kamar itu asy Syekh sedang tidur. Rasa penasan itu baru terungkap ketika pada suatu hari ayah mertua beliau mengintip dengan cara membuka sedikit garden yang ada di pintu kamar. Ternyata, asy Syekh sedang mengerjakan sholat. Begitu mengetahui kalau asy Syekh sedang sholat, maka jadi ketakutan dan merasa menyesallah Pak Sapuan. Setelah asy Syekh keluar dari kamar, maka ayah mertua beliau itu pun segera meminta maaf.
d). Sholat sunnat Awwabin.
e). Sholat sunnat Tahiyyatul Masjid.
Ketika asy Syekh memasuki sebuah masjid, beliau selalu mengerjakan sholat Tahiyyatul Masjid terlebih dahulu. Bahkan, ketika dalam perjalanan jauh, seringkali asy Syekh minta diberhentikan di sebuah masjid meskipun saat itu tidak sedang waktunya sholat fardlu. Asy Syekh "mampir" ke masjid "hanya" untuk ‘sekedar’ memperbarui wudlu beliau serta mengerjakan sholat Tahiyyatul Masjid dan beri 'tikaf di dalamnya.
f). Sholat Sunnat Wudlu.
Selain asy Syekh selalu menjaga agar beliau senantiasa dalam keadaan suci, sesudah wudlu asy Syekh juga sering mengerjakan sholat sunnat Wudlu.
g). Sholat sunnat Hajat.
Sholat sunnat Hajat yang beliau amalkan adalah seperti yang diajarkan kepada murid-murid pondok PETA selama ini, yaitu terdiri dari 12 rokaat (6 salam). Setiap salamnya, pada rokaat Pertama ba’da F atikhah, membaca ayat Kursyi 1 kali. Pada rokaat ke dua, ba’da Fatikhah, membaca surat al Ikhlas satu kali.
h). Sholat sunnat Taubat.
Sholat sunnat Taubat yang biasa beliau jalankan adalah terdiri dari 4 rokaat (2 salam). Setiap salamnya, pada rokaat pertama, ba’da Fatikhah, membaca surat al Insyiroh (alam nasyroh) satu kali. Kemudian, pada rokaat ke dua, ba’da Fatikhah, membaca surat al Fiil (alam taro) satu kali.
i). Sholat sunnat Witir.
Sholat sunnat Witir yang biasa asy Syekh amalkan ialah terdiri dari 3 rokaat (2 salam).
j). Sholat sunnat Tasbih.
Sebagaimana tuntunan yang ada, sholat sunnat Tasbih yang beliau kerjakan terdiri dari 4 rokaat (2 salam) dengan membaca kalimat Tasbih di dalamnya sebanyak 300 kali (75 kali setiap rokaatnya).
Sebagaimana yang asy Syekh ajarkan kepada murid-murid beliau, ada 1 (satu) paket sholat malam yang terdiri dari 3 sholat sunnat, yaitu sholat-sholat sunnat Hajat, Taubat, dan Witir, beliau pun bisa dikatakan hampir tidak pernah meninggalkannya. Bahkan, apabila sholat malam itu beliau kerjakan sendiri (tidak sedang mengimami), asy Syekh selalu menambahkan sholat sunnat Tasbih.
Pernah pada sekitar tahun 1975, ketika penulis sedang menjalani suluk, setiap malam (mulai sekitar pk. 21.00) asy Syekh seringkali ngobrol (Jawa, jagongan) dengan orang-orang yang sedang suluk di serambi musholla. Namun, bisa dipastikan sekitar pukul 10.00 asy Syekh selalu masuk ke ndalem (rumah) beliau. Ketika beliau masuk ke rumah, baju koko dan kopiah yang sebelumnya sudah beliau lepas dan beliau letakkan di lantai selalu beliau tinggal di dekat beli duduk.
Kami semua mengira kalau beliau akan buang air kecil di kamar mandi pribadi beliau. Sehingga, kami pun tidak berani membubarkan diri karena beliau pasti akan kembali lagi. Dan, setelah beliau berada di dalam selama sekitar satu jam, beliau memang keluar lagi dan duduk kembali di tempat semula lalu meneruskan ngobrol dengan kami. Tentu sesuatu hal yang janggal kalau hanya sekedar buang air kecil dan berwudlu saja memerlukan waktu satu jam.
Hal itu baru terjawab, ketika beliau sempat "membuka rahasia" bahwa beliau sejak sebelum mondok hampir tidak pernah meninggalkan amaliyah sholat malam yang terdiri dari
" satu paket plus’ tersebut, yaitu sholat sunnah Hajat, Taubat, Tasbih, dan Witir.
Dalam mengerjakan sholat, baik sholat fardlu maupun sholat sunnat, asy Syekh mengerjakannya dengan cepat. Beliau pernah mengatakan kepada penulis, “Aku kalau sholat, dzikirku lebih cepat dari pada sholatku.” Meskipun cepat, asy Syekh tetap membaca bacaan-bacaan yang disunnatkan, seperti doa Iftitah dan membaca surat. Kata beliau, “Meskipun sholat sunnat doa Iftitah tetap aku baca untuk menambah keyakinanku kepada Alloh Ta’ala.”