Penerus Kemursyidan Syekh Mustaqim
Seakan sudah menjadi sebuah keharusan bahwa seorang guru mursyid harus sudah menunjuk calon pengganti sang mursyid sejak beliau masih hidup. Pernyataan penunjukan tersebut sebaiknya disampaikan secara shorikh (terang-terangan) maupun secara kinayah (isyarat). Selain itu, diperlukan pula beberapa orang saksi yang memiliki jiwa yang amanah. Hal ini sangat perlu dilakukan agar setelah guru mursyid pendahulu meninggal dunia, di kemudian hari, tidak akan sampai menimbulkan kebingungan dan keraguan, bahkan fitnah yang berkepanjangan bagi para murid thoriqot beliau.
Hal ini sebagaimana yang telah dilakukan al Imam al Quthub asy Syekh Abul Hasan asy Syadzily, rodliyallohu 'anhu, (1197-1258/593-656 H.). Beberapa saat sebelum beliau wafat, di hadapan murid-murid beliau, Sang Quthub Agung berkata, "Wahai putera-puteraku dan sahabat-sahabatku, apabila sewaktu-waktu aku meninggalkan kalian nanti, maka hendaklah kalian memilih Abul Abbas al Mursi (w. 1288/686 H.) sebagai penggantiku. Karena, ketahuilah bahwa dengan kehendak dan ridho Alloh SWT, telah aku tetapkan dia untuk menjadi khalifah yang menggantikan aku setelah aku tiada nanti. Dia adalah penghuni maqam yang tertinggi di antara kalian, dan dia merupakan pintu gerbang bagi siapa saja yang menuju kepadaAlloh SWT."
Berkenaan dengan hal ini, sejak jauh-jauh hari sebelumnya, Syekh Mustaqim sudah menetapkan khalifah penerus beliau sepeninggal beliau nantinya, yakni putera beliau sendiri, asy Syekh Abdul Djalil Mustaqim.
Pernah, pada suatu hari di awal tahun 1942, ada seseorang yang bertanya kepada Syekh Mustaqim tentang siapa kelak yang akan menggantikan beliau. Ketika itu beliau menjawab dengan menunjuk perut isteri beliau, "Sing ngganteni aku mbesuk kuwi, lho." (Yang menggantikan aku besok itu, lho). Pada saat itu Mbah Nyai Sa'diyah tengah mengandung janin Hadlrotusy Syekh Romo Kyai Abdul Djalil Mustaqim. Usia kandungan Mbah Nyai ketika itu sekitar 3-4 bulan.
Cerita tentang hal itu pernah penulis dengar langsung dari orang yang bertanya kepada Syekh Mustaqim tersebut. Pada tahun 1977, penulis 'katut'
bersama beberapa santri senior Pondok PETA berziarah ke makam beberapa auliya' di Jawa Timur. Ketika perjalanan ziarah sampai di pemakaman Batuampar, Madura, kami secara tidak sengaja bertemu dengan orang tersebut. Ketika itu, beliau tengah melakukan perjalanan ziarah seperti kami juga. Beliau bertanya tentang siapa dan dari mana kami berasal. Mendengar kalau kami adalah rombongan dari Pondok PETA, Tulungagung, beliau langsung bertanya tentang siapa Kyai Pondok PETA saat itu. Setelah kami sampaikan bahwa kyai Pondok PETA waktu itu adalah Syekh Abdul Djalil Mustaqim, beliau kemudian menimpali dengan menyampaikan cerita seperti tersebut di atas.
Sejak tahun 1953, yaitu setelah selesai didirikannya musholla Pondok PETA, Romo Kyai Abdul Djalil Mustaqim sering disuruh Syekh Mustaqim untuk menggantikan beliau membai'at santri-santri beliau, baik murid yang berbai’at thoriqot Syadziliyah maupun thoriqot Qodiriyah wan Naqsyabandiyah. Padahal, ketika itu beliau masih berumur 11 tahun. Beliau sering bercerita, bahwa setelah selesai beliau menunaikan tugas dari ayahanda beliau untuk membai'at, beliau langsung berganti 'kostum', mengenakan celana pendek lagi, lalu kembali bermain layang-layang bersama teman-teman sebaya beliau.
Demikian pula ketika Syekh Abdul Djalil kemudian mondok di PP "Al Falah", Ploso, Mojo, Kediri (1958-1960) dan di PP Mojosari, Nganjuk (1960-1970), setiap beliau berada di rumah, yang pada saat itu kebetulan sedang ada bai'atan, maka tugas itu pun oleh Syekh Mustaqim selalu dilimpahkan kepada beliau.
Pernyataan Syekh Mustaqim tentang pengganti kekhalifahan beliau, secara terang-terangan pernah beliau sampaikan, di antaranya, kepada Mbah Nyai Hj. Sa'diyah (isteri), Abah H. Djam'an Perwiro, S.H. ( menantu) Ibu Nyai Hj. Anni Fatimah (puteri kandung), dan Mbah K.H. Asrori Ibrahim (murid sekaligus Katib Pondok PETA).
Selain Syekh Mustaqim mewariskan kemursyidan 3 (tiga) thoriqot beliau kepada putera kandung beliau sendiri, Hadlrotusy Syekh Romo Kyai Abdul Djalil Mustaqim, beliau pernah pula mengangkat seorang khalifah thoriqot Syadziliyah yaitu asy Syekh Mbah Kyai Abdul Hamid, Banjaragung, Kajoran, Magelang, atau lebih populer dengan sebutan Mbah Kyai Hamid Kajoran. Semasa beliau masih sugeng, beliau adalah seorang yang masyhur akan kewalian dan karomah-karomahnya.
Pada awal tahun 1970 Syekh Abdul Hamid, Kajoran menghadap Syekh Mustaqim. Ketika itu beliau meminta agar guru beliau, Syekh Mustaqim, berkenan mengangkat asy Syekh K.H.R. Muhaiminan Gunardo, Parakan, Temanggung, sebagai khalifah thoriqot Syadziliyah menggantikan beliau. Syekh Mustaqim pun kemudian merestui permohonan Mbah Kyai Hamid tersebut.